Mengerikan! Terlalu Sering Duduk Ternyata Dapat Memperpendek Umur

26 November 2014 Artikel Kesehatan


Pada dasarnya, duduk merupakan aktivitas yang dilakukan untuk santai dan rileks. Ketika lelah berdiri, duduk menjadi solusi bersantai melepas lelah. Lalu, bagaimana jika duduk dilakukan untuk jangka waktu yang lama?

Kebanyakan hal ini dialami oleh pekerja kantor yang sering dihadapkan pekerjaan yang mengharuskan duduk seharian di depan komputer. Tentunya hal seperti ini dapat membahayakan kesehatan kita. Bukan hanya kesehatan mata yang jadi persoalan, melainkan juga dapat memperpendek usia.

Dilansir huffingtonpost.com, terlalu banyak duduk sering dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari obesitas, sakit leher, tekanan darah menjadi rendah, osteoporosis dan sebagainya.

Menurut Dr. James Levine seorang dokter Mayo Clinic di Rochester mengungkapkan bahwa "sitting disease" atau biasa disebut dengan penyakit yang timbul akibat terlalu lama duduk ternyata sama resikonya dengan penyakit yang ditimbulkan akibat dari merokok.

Penelitian lain menunjukan bahwa terlalu banyak duduk setiap hari mampu menurunkan kepadatan mineral tulang tanpa adanya lagi pembentukan tulang, ini yang biasa disebut osteoporosis.Terlalu lama duduk juga dapat menimbulkan penyakit jantung bahkan resiko kematian.

Penelitian di AS yang melibatkan lebih dari 100.000 orang dewasa AS yang duduk selama lebih dari 6 jam sehari memiliki resiko kematian hingga 40% di 15 tahun kedepan dibanding yang duduk kurang dari 3 jam sehari.

Sudah mengetahui dampak dari duduk terlalu lama bukan? Mulai dari sekarang biasakan hidup dengan olahraga teratur dan sempatkan untuk bergerak dan olahraga ringan dan beranjak untuk meregangkan tubuh ketika Anda bekerja.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)