Mengepalkan Tangan Bisa Tingkatkan Daya Ingat

7 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Sering mengalami kesulitan mengingat sesuatu? Tak ada salahnya mencoba saran yang satu ini. Kepalkan tangan untuk beberapa saat. Seorang ilmuwan meyakini bahwa gerakan tubuh bisa mempengaruhi kerja otak, termasuk dalam mengingat-ingat sesuatu. Seseorang yang mudah lupa disarankan untuk mengepalkan tangan saat menerima informasi. Niscaya, lebih mudah diingat.

Biasanya seseorang mengepalkan tangan saat merasa marah. Tak banyak yang mengetahui bahwa mengepalkan tangan ternyata memiliki manfaat bagi otak. Penelitian menemukan bahwa mengepalkan tangan bisa meningkatkan daya ingat.

Psikolog di Amerika Serikat mengungkapkan, mengepalkan tangan kanan selama 90 detik membantu seseorang membangun ingatan. Sementara itu mengepalkan tangan sebelah kiri ternyata bisa membantu untuk mengingat atau menggali ingatan.

Dalam eksperimen terhadap 50 orang dewasa, mereka menemukan bahwa mereka lebih muda mengingat kata-kata dan kalimat yang panjang ketika melakukan gerakan ini. Menurut peneliti, gerakan ini berkaitan dengan bagian otak tertentu yang berhubungan dengan ingatan.

Dr Ruth Propper dari Montclair State University, New Jersey mengatakan, mengepalkan tangan kanan membuat otak lebih fokus untuk mempelajari informasi, sementara mengepalkan tangan kiri membuat proses penggalian ingatan lebih mudah dan membantu meningkatkan daya ingat. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mengepalkan tangan kanan akan mengaktifkan bagian otak kiri, sementara mengepalkan tangan kiri akan mengaktifkan otak bagian kanan. Hal ini juga telah dikaitkan dengan emosi. Misalkan mengepalkan tangan kanan berkaitan dengan rasa senang dan kemarahan, sementara mengepalkan tangan kiri berkaitan dengan kesedihan dan kecemasan.

Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk melihat apakah mengepalkan tangan juga berkaitan dengan proses otak yang lain seperti kemampuan verbal, mengingat gambar atau tempat, serta kata-kata. Selain itu, penelitian dalam skala besar juga dibutuhkan untuk mengetahui hasil ini dengan pasti.

Jadi, kalau anda melihat seseorang mengepalkan tangan, jangan langsung mengira ia sedang marah, mungkin ia hanya sedang berusaha mengingat sesuatu.

(Dikutip dari berbagai sumber)