Mengenal Manfaat Buah Kedondong

26 Maret 2016 Artikel Kesehatan


Buah kedondong adalah buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal dengan nama latin Spondias Dulcis Forst. Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar atau sering pula diolah menjadi asinan, rujak, dan lain-lain. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Bentuknya bulat lonjong dan kulitnya bewarna hijau. Istilah buah kedondong berbeda-beda di banyak tempat. Di Filipina, kedondong disebut Hevi, Kook Kvan (Laos), Mokah (Kamboja), gway (Myanmar), co C(Vietnam). Di Indonesia, penghasil buah kedondong yang paling terkenal adalah kawasan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Berikut manfaat buah kedondong yang perlu Anda ketahui:
1. Obat anemia

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui jika buah kedondong ini memiliki efek yang baik untuk penderita anemia. Perlu diketahui bahwa dalam 100 gram buah kedondong terdapat 30 miligram kandungan zat besi, sehingga memiliki manfaat dalam pembetukan sel darah merah. Kandungan zat B1 yang ada dalam buah kedondong juga memiliki peran dalam membantu pembentukan sel darah merah seingga mampu meningkatkan aliran oksien ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

2. Menjaga kesehatan gigi dan tulang
Kandungan fosfor dan zat besi di dalam buah kedondong dapat melindungi kesehatan gigi dan tulang. Kandungan fosfor ini berfungsi sebagai pembentuk jaringan tulang sementara zat besi berfungsi sebagai pelapis jaringan tersebut.

3. Menyembuhkan diare
Penyakit ini terjadi karena banyak hal. Namun faktor yang paling dominan berasal dari makanan. Dan kedondong sendiri dapat menyembuhkan diare dalam waktu cepat. Caranya, ambil kulit batang kedodong sebanyak 20 gram, lalu potong kecil-kecil dan rebus hingga mendidih. Kemudian saring air rebusan tersebut lalu diminum secara teratur setiap sore hingga diare berhenti.

4. Mengobati peradangan
Antioksidan dalam buah kedondong mampu melindungi tubuh dari peradangan khususnya peradangan pada mata dan kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah ini juga dapat menangkal radikal bebas. Orang yang tinggal di kawasan industri sangat dianjurkan mengkonsumsi 1-3 buah kedondong setiap minggunya. Hal ini guna melindungi tubuh dari radikal bebas seperti polusi udara dan zat kimia.

5. Obat penyakit jantung
Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah kedondong memberikan peran yang cukup siginifikan dalam menjaga kesehatan jantung. Sehingga bagi Anda yang memiliki gangguan jantung atau setidaknya ingin memiliki jantung yang sehat, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi kedondong setiap harinya.

Ternyata walaupun memiliki rasa yang asam luar biasa, buah ini masih memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)