Mengenal Khasiat Daun Binahong bagi Kesehatan

8 Maret 2019 Artikel Kesehatan


Binahong adalah tanaman merambat yang tidak memiliki batang dan pertumbuhannya mengikuti sinar matahari. Binahong memiliki Nama latin Bassela rubra linn atau dalam bahasa Cina dikenal dengan nama Deng san chi. Daun Binahong memiliki berbagai khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini karena tanaman ini kaya akan kandungan asam askorbat, L-arabinosa, D-Galaktosa, D-Glukosa, Flavonoid, dan zat lain yang secara klinis memang berguna untuk tubuh manusia. Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan pengobatan tradisional memang tidak setenar daun sirsak ataupun kulit manggis. Namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Apa saja khasiatnya?

Mengobati Luka
Yang pertama adalah sebagai obat luka. Hal tersebut dikarenakan daun binahong mengandung antimikroba yang kemudian juga dapat menghindari terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan menempelkan daun binahong halus diatas luka yang masih baru, maka luka akan cepat pulih ke kondisi semula. Selain mempercepat penyembuhan luka, daun binahong juga bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya bekas luka. Karena itulah, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan bekas luka yang seringkali menjadikan tingkat percaya diri Anda menjadi berkurang.

Mencegah Kanker
Daun binahong mengandung zat yang mampu menghambat perkembangan sel kanker sehingga Anda akan cepat pulih ketika mengidap penyakit ganas ini. Caranyapun cukup mudah yaitu dengan meminum air rebusan daun binahong kering sebanyak satu kali dalam sehari. Minumlah selama beberapa minggu dan sedikit demi sedikit sel kanker yang menyerang Anda akan berkurang kemudian mati.

Menangkal Radikal Bebas
Daun binahong mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu membuatnya memiliki peran yang cukup penting dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat memuat kulit menjadi cepat menua. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong rutin setiap bangun tidur. selain itu, daun binahong juga bermanfaat sebagai pencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Obat Sariawan Kronis
Tanaman yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias ini juga dapat digunakan untuk obat sariawan yang sudah kronis. Biasanya sariawan jenis ini terbentuk akibat kurangnya vitamin yang kemudian menimbulkan luka pada mulut dan sekitarnya. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan yang dingin. Jangan meminumnya dalam keadaan hangat karena suhu panas akan memperparah kondisi sariawan. Selain dapat menyembuhkan sariawan, daun binahong juga bermanfaat sebagai penghilang rasa pusing.

Melancarkan Pencernaan
Kandungan dalam binahong mampu mengontrol kerja alat pencernaan untuk tetap stabil. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit diare maupun sembelit. Kemudian, daun binahong juga berfungsi sebagai obat wasir. Kandungan dalam daun ini mampu membuat otot dalam anus yang semula membengkak menjadi lebih tenang sehingga sedikit demi sedikit wasir akan dapat berkurang.

Mengatasi Darah Rendah
Kandungan zat dalam binahong mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga membuatnya selalu stabil. Oleh karena itu, daun binahong banyak digunakan sebagai obat darah rendah.

khasiat dari daun binahong yang sangat banyak sehingga menyebababkan tanaman ini banyak di buru oleh masyarakat. Tanaman binahong tumbuh pada daerah yang beriklim tropis. Dalam konsumsi tanaman binahong sebaiknya dilaksanakan secara teratur setiap hari. Hal itu mempunyai tujuan supaya hasil yang didapat terhadap kesehatan serta pengobatan bisa optimal.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)