Mengenal Buah Kumquat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

23 Agustus 2015 Artikel Kesehatan


Kumquat atau kingkit merupakan keluarga jeruk-jerukan (Rutaceae). Buah Kumquat, mungkin sebagian besar dari Anda tidak familiar dengan namanya. Kumquat adalah sejenis buah jeruk yang banyak tumbuh di Cina dan Jepang, dan musim buah ini biasanya setelah melewati musim gugur hingga pertengahan musim dingin. Buah jeruk kecil yang berwarna kuning dan kadang-kadang juga berwarna orange, memiliki rasa yang lezat dan segar sebagaimana khasnya buah-buahan berjenis jeruk. Kulit buah ini rasanya manis tidak seperti buah jeruk dan lemon. Karena kulitnya manis kumquat bisa dimakan langsung bersama dengan kulitnya. Kumquat merupakan sumber vitamin A, B2, dan C dengan sejumlah manfaatnya untuk Anda.

Berikut manfaat buah kumquat yang perlu Anda tahu:
1. Kaya akan mineral

Kumquat adalah sumber yang baik dari mineral yang Anda butuhkan untuk kesehatan jantung dan sistem peredaran darah yang sehat. Kandungan mineralnya yang terdiri dari: besi, magnesium, kalsium dan kalium, akan membantu dalam mempertahankan tingkat kesehatan jantung dan tekanan darah stabil.

2. Mengatasi gejala flu
Jika tiba-tiba Anda merasakan tubuh Anda mengalami gejala flu, maka segeralah mengkonsumsi buah kumquat. Buah ini memiliki tindakan dekongestan alami dan juga akan menenangkan sakit tenggorokan.

3. Membantu menurunkan berat badan
Kumquat mengandung natrium dan lemak bebas sehingga dapat menjadi camilan yang sempurna kerika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Kumquat menyediakan banyak nutrisi dan energi tetapi hampir tidak ada kalori sama sekali.

4. Melindungi terhadap kanker
Kumquat juga kaya akan flavonoid yang dapat membantu dalam menghentikan perkembangan sel kanker. Bahkan, kumquat mengandung sejumlah flavonoid yang berbeda, termasuk lutein, tanin dan karotenoid.

5. Sumber antioksidan yang kuat
Dengan kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah kumquat, buah ini menyediakan sumber yang antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan kerusakan yang dapat disebabkan oleh radikal bebas. Kumquat juga adalah solusi yang bagus dan lezat untuk membantu dalam menangkal pilek dan flu terutama di musim hujan.

6. Sangat baik untuk kulit
Hampir semua buah bagus untuk kulit terlebih lagi jenis buah jeruk seperti kumquat. Kombinasi fantastis berupa antioksidan, vitamin dan mineral yang ditemukan dalam kumquat membuat buah ini menjadi jenis makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Kumquat dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan juga dapat membantu dalam menunda munculnya keriput pada kulit wajah Anda.

7. Membantu pembentukan tulang yang kuat
Kumquat juga merupakan sumber kalsium yang baik yang akan membantu dalam menjaga tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Selain itu juga dapat menghentikan perkembangan penyakit tulang degeneratif ketika Anda bertambah tua.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)