Mengenal Arti Warna Lidah dalam Kesehatan Tubuh

27 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Lidah adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam menentukan suatu rasa. Oleh karena itu, jika lidah bermasalah, tentu akan mempengaruhi rasa dari makanan atau minuman yang kita makan. Tidak hanya itu, warna lidah pun bisa mengartikan kesehatan Anda. Jadi, perubahan warna pada lidah bisa dikaitkan dengan kesehatan yang sedang terjadi dengan tubuh Anda. Tubuh Anda selalu memberikan sinyal jika tubuh sedang mengalami gangguan atau masalah kesehatan, dan salah satu organ tubuh yang bisa memberikan sinyal tersebut adalah lidah. Lidah bisa berubah-ubah warna sesuai kondisi tubuh. Ada beberapa warna yang bisa dilihat dari lidah dan menunjukkan tentang keadaan tubuh.

Lidah hitam
Ini adalah kondisi tubuh berbahaya karena lidah bisa mati rasa, ini menandakan bahwa bagian rongga mulut Anda tidak bersih dan bisa jadi bakteri terjebak dan berkembang sepanjang permukaan lidah hingga membentuk bercak-bercak hitam di lidah. Merokok dan minum banyak kopi juga bisa jadi alasan hitamnya warna lidah atau berbagai kebiasaan makan yang buruk lainnya.

Lidah kuning
Hampir sama dengan lidah hitam, lidah kekuningan juga merupakan tanda tidak bersihnya rongga mulut sehingga membuat bakteri dan jamur bersarang di permukaan lidah. Membersihkan gigi dan rongga mulut serta lidah dengan baik akan mengembalikan warna lidah Anda yang normal.

Lidah merah
Panas tubuh yang tidak normal akan membuat lidah membengkak dan tampak lebih merah. Ini menandakan bahwa Anda sedang mengalami demam, demam berdarah, bisa juga karena kekurangan vitamin seperti vitamin B-12 dan vitamin B3 atau kekurangan mineral zat besi sehingga lidah berwarna kemerahan.

Lidah cokelat
Lidah cokelat bisa jadi pertanda stadium awal kanker kulit melanoma. Jika melihat ada bercak cokelat pada lidah yang semakin lama semakin menghitam, segera periksakan ke dokter.

Lidah ungu
Ini adalah tanda bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi atau terlalu banyak makan makanan yang dingin. Makan bawang putih atau minum jahe hangat akan memperbaiki kondisi ini dan membuat lidah pink atau normal kembali.

Lidah putih
Ini bisa disebabkan dehidrasi, infeksi rongga mulut karena jamur atau bakteri dan timbulnya penyakit leukoplakia yang biasanya muncul pada perokok berat. Minum banyak air putih dan jaga kebersihan rongga mulut dan lidah secara intensif bisa mengatasi hal ini.

Jadi, sekarang Anda tahu kan alasan para dokter seringkali menyuruh Anda membuka mulut untuk melihat lidah Anda? Yuk jaga kesehatan dan perhatikan lidah Anda dari sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)