Mengatasi Batuk dengan Jus Nanas

1 November 2018 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak mengenal nanas? Salah satu buah tropis yang cukup digemari oleh banyak orang. Rasa nanas yang manis dan menyegarkan karena banyak mengandung air membuat buah ini sangat nikmat bila dikonsumsi secara langsung, sebagai bahan membuat rujak, bahan sup buah, atau yang cukup populer adalah dibuat jus. Buah ini berasal dari negara Bolivia, Brazil, dan Paraguay dan dalam bahasa Inggris bernama"pineapple". Nanas ini mengandung banyak vitamin, antioksidan, serat, mineral, sehingga sangat baik dikonsumsi saat Anda menjalani program diet. Disamping manfaatnya yang lain seperti mengurangi peradangan, meredakan asam lambung, membantu memecah protein hewani.

Nah, tahukah Anda ternyata buah nanas tidak hanya menyegarkan saja, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menyembuhkan sakit batuk.

Sejumlah pakar kesehatan telah melakukan riset yang dilaksanakan pada tahun 2000 dan hasilnya diirilis di dalam jurnal yang bertajuk Der Pharma Chemica. Riset dan penelitian ini telah melibatkan penderita tuberkolosis di mana mereka dianjurkan mengkonsumsi campuran jus nanas mentah, madu, cabai, dan garam. Hasilnya ternyata menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Jika Anda mengkonsumsi jus nanas di saat batuk maka akan lebih cepat untuk menurunkan lendir atau dahak bahkan kinerja jus nanas ini kabarnya 5 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan obat batuk jenis sirup yang biasa Anda konsumsi. Dengan menurunnya kadar dahak atau lendir yang terdapat saluran pencernaan, maka Anda akan lebih cepat untuk mengatasi batuk yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Para peneliti sepakat dan menyebutkan kandungan senyawa di dalam nanas yang bernama bromelain, yaitu sejenis senyawa yang mampu untuk melawan inflamasi (anti inflamasi) bahkan juga dapat membunuh bakteri sebagai pemicu gangguan kesehatan tenggorokan. Inilah sebagai salah satunya alasan mengapa jus nanas dapat menurunkan jumlah kadar lendir secara signifikan dan sekaligus meredakan sakit batuk.

Bahan alami ini tentu saja lebih baik untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan obat batuk yang mengandung bahan kimia. Selain harganya lebih murah, alasan lainnya adalah bahan alami ini sangat minim akan efek samping yang ditimbulkan.

Cara sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan buah nanas tetapi yang tidak terlalu matang, setelah itu blender sampai halus. Nah, setelah itu tinggal Anda campurkan dengan madu, perasan lemon, dan diaduk hingga merata. Alangkah baiknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka ramuan ini dapat diminum sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari hingga batuk Anda reda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)