Mendengarkan Musik Membuat Jantung Kuat

20 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Menjaga kesehatan jantung memang sebaiknya rutin menjalankan olahraga. Namun sebuah studi terbaru menjelaskan bahwa musik juga membantu menjaga jantung lebih sehat dan kuat. Apalagi jika dikombinasikan dengan olahraga hasilnya akan maksimal.

Menurut para ahli jantung Eropa, mendengarkan musik favorit selama 30 menit sangat bermanfaat bagi jantung. Musik dengan ritme berbeda-beda juga akan mempengaruhi emosional seseorang. Belum diketahui secara pasti bagaimana mekanisme musik terhadap jantung.

Faktanya musik mempengaruhi salah satu hormon tubuh yang berkaitan erat dengan jantung manusia. Hormon endorfin yang keluar saat mendengarkan musik mengirimkan sinyal pada otak dan berdampak pada jantung.

Musik favorit memang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan emosional kita. Musik paling bagus adalah yang memiliki aransemen harmonis contohnya musik klasik dan opera dibandingkan musik beraliran keras.

Mendengarkan musik yang sesuai juga bisa membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah. Sebagai hasil dari turunnya tekanan darah, resiko stroke dan permasalahan kesehatan lain juga akan berkurang.

Tidak ada jenis musik yang ideal untuk setiap orang sehingga pilihlah musik yang menurut Anda mampu mengubah mood sedih, marah menjadi bahagia dan tenang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)