Memiliki Kulit Berminyak? Banyak Manfaatnya Loh!

13 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Umumnya banyak orang yang menyatakan merasa kesal jika memiliki wajah berminyak. Menurut banyak wanita, kulit berminyak lebih mudah ditempeli debu, lebih sulit perawatannya dan lebih rentan berjerawat.

Namun, memiliki kulit berminyak ternyata tidak selalu merugikan. Punya ladang minyak di wajah cukup bisa menunjang kecantikan dan kesehatan kulit kita.

Tidak percaya? Berikut akan kami paparkan fakta-faktanya untuk Anda yang bersumber dari berbagai macam referensi.

  1. Kulit berminyak menghasilkan minyak alami yang membantu melicinkan kulit dan dapat membantu meminimalisir pengaruh perubahan lingkungan
  2. Minyak pada kulit menghasilkan vitamin E dari kelenjar sebasea. Sebuah studi pada tahun 1999 yang dilaporkan dalam Journal Of Investigative Dermatology menemukan bahwa sekresi kelenjar tersebut memberikan Vitamin E alami untuk kulit.
  3. Dengan adanya vitamin E, otomatis kulit terlindungi dari sinar ultraviolet, polusi udara, dan perubahan cuaca yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.
  4. Kulit berminyak yang membantu melicinkan kulit, juga terbukti mencegah keriput pada saat usia kita menua. Dibandingkan dengan kulit kering, wanita dengan kulit berminyak, lebih terlihat awet muda.
  5. Menggunakan scrub dapat mengurangi kelembaban wajah yang diciptakan oleh minyak, dan ketika wajah telah mengalami iritasi, maka itu pertanda bahwa Anda telah salah ambil langkah dalam perawatannya.
  6. Penuaan dini lebih lambat. Dengan kulit yang lebih sering lembab karena minyak, kita jadi lebih lambat dalam mengalami penuaan dini. Karena kulit kita mendapatkan sumber kelembaban berlebih. Meski begitu tetap pakai oil control dan rajin dibersihkan ya, Ladies. Supaya tidak menjadi awal mula munculnya jerawat.
  7. Wajah yang lebih segar. Bersyukurlah dengan kulit berminyak Anda. Dengan kulit semacam ini akan membuat wajah Anda lebih segar tanpa harus banyak-banyak menggunakan pelembab. Dengan perawatan kulit yang benar, Anda akan memiliki kulit yang jauh lebih fresh dan berkilau alami.
  8. Minim resiko. Menurut penelitian, kulit yang berminyak lebih minim resiko kerusakan kulit dan akan membuat pemiliknya melakukan perawatan kulit yang jauh lebih mudah daripada wanita kebanyakan. Selain itu, kulit yang berminyak terbukti lebih lembut teksturnya dalam jangka waktu menahun daripada kulit kering.
  9. Kulit yang lebih tangguh. Kulit yang berminyak bisa dengan tangguh berada di bawah sinar matahari, diterpa angin maupun hujan. Ini karena kulit berminyak memiliki lapisan yang lebih tebal dalam masalah kelembaban. Dengan demikian, kulit mendapatkan perlindungan yang ekstra, bukan?
  10. Perawatan yang lebih murah. Kulit berminyak yang minim resiko, tidak memerlukan banyak perawatan sehingga kita bisa menghemat uang. Kuncinya adalah dengan melakukan perawatan dan memilih produk yang tepat untuk perawatan kulit berminyak. Selain itu, membersihkan kulit dengan teratur adalah keharusan. Hal ini akan menghindarkan kita dari minyak berlebih yang bisa menimbulkan jerawat dan wajah mengilap.


Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, ini waktunya Anda mengubah mindset Anda dan mensyukuri jenis kulit Anda tersebut. Anda cukup memberikan perawatan yang tepat karena kulit Anda akan membuat Anda tampak awet muda dan selalu berkilau saat tua nanti. Siapa sih yang tidak mau awet muda dengan kulit cantik?

Kunci dari kulit yang sehat dan segar adalah perawatan yang tepat. Meski telah dijabarkan manfaat kulit berminyak di atas, jangan sampai salah melakukan perawatan kulit atau menelantarkan kulit berminyak Anda ya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)