Memilih Susu dan Yoghurt Terbaik

20 November 2009 Artikel Kesehatan


SUSU dan produk susu seperi yogurt merupakan sumber protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Apakah semua jenis susu dan yogurt sama saja? Tentu saja tidak. Susu serta yogurt mempunyai tipe yang berbeda-beda dengan kandungan yang sedikit berbeda pula. Dan memvariasikan semua produk ini, menurut penulis 101 Foods That Could Save Your Life! Dave Grotto, RD, bisa membantu Anda menjaga kesehatan sekaligus memanjakan mulut dengan berbagai rasa. Berikut beberapa pilihan susu dan yogurt yang bisa Anda sesuaikan dengan selera pribadi.

Susu

Bagus: Susu bebas lemak
Alasannya: Susu jenis ini hanya mengandung sisa jejak lemak. Selain itu, setiap gelas susu bebas lemak menyediakan kalsium 76 mg lebih banyak dibandingkan susu fullcream.

Lebih baik: skim plus
Alasannya: Jenis ini sama bagusnya dengan susu bebas lemak, dengan rasa yang lebih lezat. Susu skim plus diperkaya dengan protein susu ekstra, sehingga membuatnya lebih kental dan berasa krim. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah beralih dari susu bebas lemak atau susu fullcream ke jenis susu ini.

Terbaik: Susu organik bebas lemak
Alasannya: Sebuah studi dari Inggris menemukan bahwa sapi yang dibesarkan dengan makanan organik menghasilkan susu dengan kadar antioksidan dan asam lemak (seperti CLAS dan omega-3) yang lebih tinggi. Harganya memang lebih mahal tapi bisa disimpan di kulkas lebih lama karena telah melalui proses pemanasan dengan suhu yang lebih tinggi dan diberi label UHT.

Yogurt

Bagus: Yogurt rendah lemak dengan berbagai rasa
Alasannya: Setiap cangkir yogurt mengandung kalsium 70 mg lebih banyak dibandingkan susu. Selain itu, yogurt juga dilengkapi protein sehingga menjadi pilihan kudapan yang mengenyangkan. Yogurt juga kaya bakteri baik yang bisa membantu mengatasi gangguan perut dan infeksi jamur. Carilah yogurt yang mengandung Lactobacillus (L. acidophilus) dan atau Bifidobacterium (B. bifidum).

Lebih baik: Yogurt rendah lemak tanpa rasa
Alasannya: Meskipun yogurt yang dilengkapi dengan rasa tetap memiliki manfaat sehat, jenis tersebut seringkali dipenuhi dengan pemanis tambahan, seperti gula dan sirup jagung kaya fruktosa. Untuk mendapatkan asupan yang lebih sehat, pilihlah yogurt rendah lemak tanpa rasa dan padukan dengan potongan buah segar. Anda juga menambah sedikit madu untuk memperkaya antioksidan.

Terbaik: Greek yogurt
Alasannya: Menurut pakar nutrisi dari New York City Lara E. Metz, RD, yogurt jenis ini merupakan pilihan terbaik karena mengandung kalsium setara dengan yogurt biasa dengan kandungan protein 2 kali lebih banyak. Selain itu rasanya lebih kaya dan lezat. "Tapi pastikan memilih greek yogurt dengan kandungn lemak 0 untuk meminimalkan kalori." (OL-08)

gambar: pms.org.uk

sumber; mediaindonesia.com/mediahidupsehat