Membentuk Lengan dan Dada

30 September 2009 Artikel Kesehatan


Satukan dan pisahkan (together and apart). Berdirilah dengan kedua kaki direnggangkan, luruskan punggung, kemudian rentangkan tangan setinggi bahu. Selanjutnya ayunkan tangan ke depan dan ke belakang sebanyak 8-10 kali.

Gerakan memutar (spinning). Rentangkan tangan dan tahan setinggi bahu kemudian putarkan ke depan dan belakang, dengan tinju dikepalkan. Ulangi sebanyak 8 kali.

Ke atas dan ke bawah (up and down). Rentangkan dan tahan tangan setinggi bahu, pertahankan agar tetap lurus, kemudian doronglah tinju Anda ke atas dan ke bawah. Anda akan merasakan otot-otot lengan mengalami peregangan dan kemudian rileks. Ulangi hingga 10 kali.

Hand under. Berdirilah dengan kedua kaki direnggangkan, rentangkan tangan ke luar setinggi bahu, tanpa menggerakkan siku. Ayunkan lengan depan Anda ke dada. Pastikan puncak tangan/ujung-ujung jari menghadap ke depan. Ulangi sebanyak 10 kali.

Criss-cross. Rentangkan tangan dan tahan setinggi bahu, pertahankan agar tetap lurus, kemudian ayunkan lengan Anda ke bawah dan kemudian menyilang di depan tubuh. Selanjutnya ayunkan kembali ke tempat semula setinggi bahu. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali. Untuk melengkapi latihan, ulangi gerakan yang sama, tetapi kali ini menyilangkan lengan ke belakang sebanyak 10 kali.

Melipat dan mendorong (tuck and push). Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu dan kedua lengan dilipat memegang pinggang. Dorong tangan ke atas setinggi yang Anda bisa, tahan kemudian rilekskan. Jangan bawa tangan ke depan, pastikan tangan selalu berada di belakang punggung sepanjang waktu . Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Menguatkan dada (Chest firmer). Dengan kaki dilebarkan sejajar pinggang, bengkokkan tangan di siku dengan jari-jari menghadap ke atas, kemudian tarik lengan yang dibengkokkan ke masing-masing sisi tubuh. Selanjutnya bawa tangan ke depan secara perlahan hingga bersentuhan di depan dada, tekan otot dada, dan kemudian secara perlahan-lahan buka lengan lebar-lebar. Ulangi gerakan ini hingga 20 kali.

Pectoral push. Duduklah dengan kedua telapak tangan saling ditekankan di depan dada. Sampil menekankan telapak tangan bersama, kencangkan otot-otot dada dan secara perlahan naikkan tangan ke atas kepala. Tahan dan tekankan telapak tangan di atas selama 5 detik. Ulangi sebanyak 10 kali. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat