Membakar Kalori Tanpa Olahraga

18 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Tubuh yang ideal memang tidak dimiliki semua orang dan sebagian besar dari anda pun tentunya menginginkan memiliki bentuk serta berat badan yang ideal. Sebenarnya jika anda mau, ada banyak cara yang dapat membantu keinginan anda tetapi seringkali hal tersebut sulit untuk anda lakukan di tengah kesibukan anda saat ini.

Memperoleh berat badan yang ideal memang dapat anda lakukan dengan olahraga, tetapi hal ini berlaku bagi anda yang mampu meluangkan waktu anda untk melakukannya.

Bagi anda yang mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan, anda pun tidak perlu khawatir karena anda pun dapat mendapatkan berat badan yang ideal karena sebenarnya ada banyak cara untuk membakar kalori tanpa harus melakukan olahraga. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membakar kelebihan kalori dalam tubuh anda.

Membakar banyak kalori tetapi tak sempat berolahraga? Tenang saja karena sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk menjaga berat badan tanpa harus memeras keringat.

1. Konsumsi lemak sehat

Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi lemak sehat saat sarapan akan meningkatkan pembakaran lemak dan membantu tubuh menggunakan kalori sepanjang hari. Lemak sehat yang bisa dipilih saat sarapan antara lain telur yang dimasak dengan minyak zaitun, roti panggang dengan selai kacang, serta buah alpukat.

2. Minum air dingin

Air putih memang bisa meningkatkan metabolisme, tetapi jika ingin metabolisme lebih meningkat, cobalah minum air dingin.

3. Makan pedas

Makanan pedas dan juga bumbu masakan seperti jahe dan kayu manis akan meningkatkan metabolisme tubuh dan juga meningkatkan sistem imun.

4. Berjalan kaki

Tahukah Anda, aktivitas-aktivitas ringan yang bisa kita lakukan untuk mengusir bosan, seperti berjalan kaki, window shopping di mal, atau main boling ternyata membakar kalori cukup banyak. Ajaklah teman untuk beraktivitas bersama agar Anda bisa melakukannya lebih lama.

5. Membereskan rumah

Saat di rumah, jangan hanya duduk-duduk di depan televisi. Berbagai kegiatan membereskan rumah sebenarnya juga pembakar kalori yang ampuh. Misalnya saja, mengelap debu, mengepel, mencuci mobil, sampai menemani anak bermain. Bahkan mengangkat dan menggendong anak naik turun setimpal dengan mengangkat barbel.

6. Tertawa

Mungkin banyak dari anda yang tidak mempercayainya jika tertawa adalah salah satu langkah sederhana untuk membantu membakar kalori dalam tubuh anda. tertawa selama 15 menit ternyata mampu membakar kalori hingga 50 kalori dan tentunya dengan tertawa akan membuat suasana hati anda lebih baik.

Dengan mengikuti beberapa cara membakar kalori tanpa olahraga, setidaknya dapat membantu anda mencapai berat badan yang ideal. Namun, jika ternyata beberapa langkah di atas tidak memberikan dampak yang cukup efektif, anda dapat mengimbanginya dengan melakukan olahraga. Selamat mencoba.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)