Mau Tidak Cepat Tua? Jauhi Makanan Asin

14 Juni 2018 Artikel Kesehatan


Apakah Anda menyukai makan-makanan yang gurih atau asin? Mulai sekarang sebaiknya segera perbaiki kebiasaan makan Anda dan kurangi konsumsi garam. Kenapa? Ternyata terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa membuat Anda menua lebih cepat seperti dilansir dari dailymail.co.uk.

Asupan sodium yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan sel dan efek yang paling menonjol tentunya adalah obesitas. Penelitian yang lebih lanjut menunjukkan bahwa kegemukan yang terjadi pada remaja berhubungan dengan proses penuaan yang lebih cepat daripada biasanya. Selain penuaan dini, konsumsi garam berlebih juga bisa memicu serangan jantung.

Penelitian yang dilakukan di Georgia Regents University, di Augusta ini juga menemukan fakta bahwa mengurangi asupan garam dapat memperlambat proses penuaan. Sebelumnya penyebab penuaan dini terjadi lantaran merokok, kurang aktivitas fisik, dan kelebihan lemak.

Telomere adalah bagian dari DNA yang melindunginya dari kerusakan. Penelitian yang melibatkan 766 orang dengan usia 14 hingga 18 tahun menemukan bahwa remaja yang mengalami obesitas dan mengonsumsi banyak garam memiliki telomere yang lebih pendek dibandingkan dengan remaja dengan berat badan normal dan mengkonsumsi lebih sedikit garam.

Mengurangi konsumsi garam ternyata lebih disarankan daripada membuat berat badan turun drastis. Jika Anda ingin awet muda lebih lama, perhatikan konsumsi garam Anda sehari-hari.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)