Mau Pintar Menyusui? Datang ke BFF AIMI

4 Mei 2012 Artikel Kesehatan


Ini adalah kabar baik bagi para ibu yang baru saja memiliki bayi, calon ibu, ayah baru atau pun calon ayah. Jangan lewatkan kegiatan menarik yang akan memberikan wawasan penting dan berharga seputar menyusui dan pemberian Air Susu Ibu (ASI) dalam acara Breastfeeding Fair (BFF).

Merayakan ulang tahunnya yang kelima pada 2012 ini, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) kembali menggelar acara Breastfeeding Fair yang tahun ini mengambil tema KomunitASI: AIMI & Friends. Ini adalah rangkaian kegiatan yang akan memberikan edukasi dan solusi dalam menyukseskan pemberian ASI eksklusif kepada bayi.

Ketua Umum AIMI Mia Sutanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/4/2012), menyatakan, pelaksanaan BFF kali ini akan berlangsung pada 2-6 Mei di Mal Grand Indonesia. Acara ini merupakan bentuk nyata dari pihaknya dalam mempromosikan dan mengampanyekan pemberian ASI yang kini terus digiatkan.

"Diharapkan Breastfeeding Fair ini bisa menjadi wujud upaya AIMI dalam mempromosikan, mendukung dan melindungi proses menyusui sebagai proses yang alamiah dan tak tergantikan bagi ibu-ibu dan anak-anak Indonesia" jelas Mia

5 Komunitas
Dengan mengangkat tema serba 5 sesuai dengan umur AIMI, 5 tahun, BFF yang ke 5, diadakan di bulan Mei (5) dan tanggal 5 Mei yang jatuh pada hari Sabtu merupakan puncak acara. Dan yang tidak kalah pentingnya, AIMI mengundang 5 sahabat komunitas yang selama ini berada di samping AIMI dan saling memberikan support untuk ikut berpartisipasi dalam keceriaan BFF. Kelima komunitas tersebut adalah MommiesDaily, Milis Sehat, Milis AsiForBaby, Ayah ASI dan Hijabers.

Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Breastfeeding Fair kali ini AIMI mendapat teman baru yang sangat spesial yaitu SKY Aviation. Bersama dengan SKY Aviation, AIMI mengemas BFF 2012 sedemikian rupa menarik, meriah serta menyenangkan bagi seluruh masyarakat serta komunitas sahabat AIMI.

BFF akan diadakan di Exhibition Hall, Level 2, East Mall - Grand Indonesia Shopping Town, mulai tanggal hari Rabu (2/5) hingga Minggu (6/5), mulai dari jam 10 pagi hingga 9 malam. Setiap harinya BFF akan dimulai oleh Bazaar UKM produk seputar kebutuhan menyusui dan anak pukul 10: 00 hingga 21: 00. Khusus hari Rabu dan Kamis, pukul 13: 00-15: 00 akan diadakan Kids Performance. Mengundang anak-anak prasekolah di Jakarta untuk tampil di panggung BFF.

Selama lima hari panggung BFF di East Mall-Grand Indonesia Shopping Town akan diisi oleh acara dari komunitas sahabat AIMI selama kurang lebih 2 jam berupa acara talkshow dengan tema menarik serta tutorial & interaktif. Pada hari Rabu akan ada MommiesDaily, Kamis diisi oleh Milis Sehat, Jumat oleh Komunitas Hijabers, Sabtu oleh Milis Asiforbaby dan Minggu akan diramaikan oleh komunitas AyahASI.

Talkshow AIMI di BFF tahun ini mengangkat tema yang menarik, yaitu:
  • Jumat: Tips & Strategi Memberi ASI / Perah ASI di Kantor. Narasumber Nia Umar,IBCLC (Ketua Ikatan Konselor Menyusui Indonesia/IKMI). Moderator Tenik Hartono (Chief Community Officer Ayahbunda) , Prameshwari Sugiri (CCO Parenting) dan Sari Kailaku sebagai seorang working mom.
  • Sabtu: Mencari Rumah Sakit Sayang Bayi. Narasumber dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC. Moderator Mia Sutanto (Ketua Umum AIMI) dan bintang tamu Melaney Ricardo.
  • Minggu: Bincang InvestASI. Narasumber Ligwina Hananto (Chief Executive Officer QM Financial). Moderator Pati Perkasa (Program Director JakFM) dan bintang tamu admin AyahASI.

Puncak acara BFF dan perayaan Hari Ulang Tahun AIMI jatuh pada hari Sabtu, 5 Mei 2012 pukul 17: 00 WIB diawali dengan pemotongan kue Ulang Tahun AIMI dan Launching Kelas MP-ASI AIMI.

Tidak hanya itu saja yang menjadi highlight acara BFF, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang akan menyemarakkan lima hari yang menyenangkan. Akan ada penampilan dari Popzzle -popgroup yang menyanyikan lagu anak untuk hiburan dan pendidikan anak Indonesia, Dongeng oleh Paman Gery, Parodi Musikal dengan tema Tim Sukses ASI dan happening art dengan kostum menarik.

Kemeriahan tidak hanya ada di panggung saja. Di area booth SKY Aviation juga akan ada berbagai kegiatan seperti Decorating Cupcakes oleh Cupkeiks, Bento Kids Class oleh KitchenforKidz, mewarnai pesawat, serta ada kostum pilot dan pramugari yang dapat dipakai jika ingin berfoto denganbackground kokpit pesawat. Tentu saja, selain acara-acara menarik diatas, akan ada banyak sekali hadiah dan doorprize. Sebagian hadiah kuis BFF dan ulang tahun AIMI sudah mulai dibagikan di twitter @aimi_asi sejak 21 April 2012.

Dalam rangka menyambut BFF ini, telah berjalan lomba foto amatir dengan tema: ASI Lancar, Liburan Seru! Dengan hadiah jutaan rupiah dan kesempatan berlangganan gratis majalah Ayahbunda. Ketentuan untuk mengikuti lomba foto ini dapat dilihat di website SKY Aviation http://www.sky-aviation.co.id/id/2012/04/16/lomba-fotografi-bff-2012/

Selain itu, akan ada Mini Kelas Edukasi pada hari Jumat,Sabtu, Minggu dan Pojok Konseling oleh Konselor Menyusui AIMI setiap harinya (siang dan sore/malam). Mini Kelas Edukasi dan Pojok Konseling ini gratis bagi pengunjung yang menyerahkan struk pembelanjaan di bazaar BFF pada hari itu.

"Intinya lima hari ini akan menjadi perayaan yang meriah untuk merayakan indahnya proses menyusui antara ibu dan bayi dan dikemas dalam acara yang menghibur dan menarik," tukas Tengku Arisma selaku Ketua Panitia Breastfeeding Fair kali ini.

Sumber: kompas.com