Mau Jantung Sehat? Minum Minuman Ini

12 Maret 2013 Artikel Kesehatan


Jantung merupakan organ vital di dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, menjaga jantung agar tetap sehat menjadi sebuah kewajiban. Bayangkan jika kita tidak mempunyai jantung yang sehat, maka aliran darah kita tidak akan normal. Jantung bekerja tiap hari didalam tubuh kita demi aliran darah.

Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dari menjalani gaya hidup yang sehat. Salah satu yang paling mudah adalah dengan rajin mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Berbicara tentang minuman sehat, menurut banyak penelitian, ternyata sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko besar terkena serangan jantung mendadak.

Beberapa minuman sehat yang baik untuk jantung:

Air mineral

Ketika mengalami haus, secara otomatis anda akan langsung minum, bukan? Minum merupakan kebutuhan utama. Beda lagi jika anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika anda sedang mengalami dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat hati anda mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk minum 8-10 gelas dalam sehari, dan jangan biarkan tubuh anda mengalami dehidrasi. Anda juga dapat menambahkan jus atau air perasan lemon ke dalam air hangat untuk menambahkan cita rasa sekaligus memeroleh manfaat peluruhan dan antioksidan.

Teh hijau

Seperti teh hitam, teh hijau mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Perbedaan utamanya adalah bahwa teh hijau tidak difermentasi. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Ada banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah dan stroke.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak, seperti susu kedelai, selain bisa membantu menambah kalsium, ternyata juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jus delima

Akhir-akhir ini sudah banyak jus delima yang dikemas dalam bentuk minuman, karena menurut penelitian kandungan yang terdapat dalam jus delima ini memiliki antioksidan lebih tinggi, bahkan tiga kali lipat lebih banyak ketimbang anggur merah, dan teh hijau. Menurut penelitian yang dikeluarkan oleh University of California, semakin anda sering mengonsumsinya, maka semakin baik pula untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, mengurangi plak arteri (faktor resiko untuk penyakit jantung) dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

(Dikutip dari berbagai sumber)