Mata Ikan di Telapak Kaki Menyerang? Begini Cara Mudah Menyembuhkannya!

7 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Memiliki mata ikan di telapak kaki memang sangat mengganggu terutama saat berjalan dan beraktivitas. Seperti yang Anda ketahui, mata ikan sebenarnya terjadi akibat reaksi alami kulit yang berupaya melindungi diri dari gesekan-gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang-ulang. Dalam hal ini, permukaan kulit akan menebal dan mengeras.

Penyebab utama timbulnya mata ikan biasanya terlihat dari kebersihan kaki Anda dan sepatu yang Anda kenakan. Sepatu yang terlalu sempit serta tidak bersih itulah yang mampu menimbulkan mata ikan pada telapak kaki.

Oleh karena itu, segera lakukan langkah-langkah penyembuhannya. Berikut cara mudah mengusir mata ikan di telapak kaki.

Hilangkan mata ikan menggunakan batu apung

Cara pertama dan terbilang mudah untuk menyembuhkan mata ikan salah satunya ialah dengan menggunakan batu apung. Caranya, rendam kaki menggunakan air hangat selama 5-10 menit. Hal tersebut bertujuan agar mata ikan menjadi lebih lunak. Lalu, gosok mata ikan di telapak kaki menggunakan batu apung untuk mengikis kulitnya. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai mata ikan hilang.

Menggunakan obat-obatan

Kini sudah banyak obat untuk menangani mata ikan pada telapak kaki.Kunjungi apotek terdekat untuk mendapatkannya. Ada juga obat lain yang berbentuk plester. Biasanya plester ini mengandung asam salisilat yang bersifat panas dan mungkin dapat membakar kulit. Agar kulit tidak sampai terbakar, baca cara pakainya dengan benar.

Tanyakan penggunaan antibiotik

Anda dapat melakukan penyembuhan mata ikan di rumah tanpa bantuan dokter. Namun, tanyakan pada dokter mengenai penggunaan antibiotik. Antibiotik berfungsi mencegah infeksi apabila Anda melakukan penyembuhan mata ikan sendiri.

Kunjungi dokter

Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk membuang mata ikan. Dokter juga akan membantu mencarikan penyebab terjadinya mata ikan. Penyebab yang paling sering dari mata ikan di telapak kaki adalah penggunaan sepatu yang tidak benar, misalnya ukuran sepatu yang tidak pas, cara berjalan yang kurang benar, masalah kelainan bentuk jari kaki, masalah dengan postur tubuh, dan penggunaan sepatu hak tinggi yang berlebihan. Namun, mata ikan dapat kembali muncul apabila Anda tidak menghindari penyebab awalnya.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)