Masalah Utama Anak: Kegemukan

25 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


KEGEMUKAN pada remaja sudah dianggap sebagai masalah serius, setidaknya di Amerika Serikat. Berdasarkan hasil survei di sana, kegemukan menempati peringkat pertama masalah kesehatan. Survei dilakukan C.S. Mott Childrens Hospital bekerja sama dengan University of Michigan pada Mei 2009, yang menjaring opini 2.017 responden.

Dalam survei ini, stres masuk 10 besar untuk pertama kalinya. Anak-anak menghadapi konflik orang tuanya seiring dengan memburuknya kondisi perekonomian yang mengimbas ke rumah tangga. Keluarga tidak hanya cukup dengan penanganan kesehatan, tapi juga bimbingan kesehatan masyarakat dan program pendidikan untuk peningkatan kesehatan, kata Direktur Survei Matthew Davis, MD, dari University of Michigan, dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Medicinet.

Berikut ini daftar 10 besar masalah kesehatan anak yang menjadi perhatian utama sesuai dengan survei: kegemukan remaja, penyalahgunaan obat, kebiasaan merokok, bullying, ancaman Internet, kekerasan anak, penyalahgunaan alkohol, stres, kekurangan peluang beraktivitas fisik, dan kehamilan remaja. Bagaimana di Indonesia?

Sumber: Majalah Berita Mingguan Tempo (Tempointeraktif.Com)