Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

26 Juni 2018 Artikel Kesehatan


Wortel merupakan salah satu sayuran yang sudah tidak asing bagi semua orang di seluruh penjuru dunia. Dari bentuknya yang memanjang serta warnanya yang sebagian besar orange atau merah mudah menjadikan wortel salah satu sayuran yang mudah dikenali. Sebagian besar dari kita juga pasti mengetahui bahwa sayuran tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan organ mata. Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki berbagai nutrisi serta vitamin yang di butuhkan oleh seluruh organ tubuh . Berdasarkan fakta yang telah terungkap, wortel merupakan sumber vitamin A yang sempurna. Vitamin A dalam wortel sangat baik untuk menjaga dan mempertahankah kesehatan tubuh Anda.

Jadi, makan wortel secara langsung atau di buat jus serta sayuran sangat dianjurkan. Namun, ternyata bukan itu saja manfaat wortel bagi tubuh Anda. Ada banyak sekali manfaat tersembunyi yang terkandung dalam sebuah wortel. Lalu, apa saja manfaat tersembunyi wortel bagi kesehatan tubuh tersebut?

Berikut beberapa manfaat wortel bagi kesehatan:
1. Mencegah Penyakit Kanker. Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker.

2. Dapat Menyehatkan Kulit. Vitamin A yang terdapat di dalam buah wortel ini mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit Anda. Selain itu, wortel juga mampu menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek hitam pada wajah.

3. Menjaga Kesehatan Mata. Wortel sudah sangat terkenal dapat menjaga kesehatan mata, vitamin A yang terkandung dalam wortel inilah yang sangat baik untuk kesehatan mata.

4. Membuat Awet Muda. Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.

5. Mampu Mencegah Stroke. Ada sebuah penelitian terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Bagi yang jarang mengkonsumsi wortel, mungkin ini akan berat.

6. Wortel juga bermanfaat untuk menurunkan kloesterol, minum air parutan/jus wortel kemudian minum rutin setiap hari. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi air wortel ini pun harus rutin.

7. Mencegah Penyakit Jantung, karena wortel sangat bermanfaat untuk menurunan kolesterol, maka wortel juga dapat mencegah penyakit jantung.

Tidak ada alasan lagi menolak dan menyisihkan wortel dari makanan Anda, mari konsumsi wortel untuk memaksimalkan hidup sehat Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)