Manfaat Warna untuk Kesehatan

28 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Kemanapun kita pergi ke alam semesta ini, bertebaran warna berbagai rupa yang memberi nuansa indah dalam diri kita.

Dan tentunya setiap orang memiliki warna yang disukai dan tentu saja setiap warna punya pengaruh dan arti tersendiri.

Tahukah Anda, warna-warna yang kita lihat sehari-hari tak hanya mampu mempengaruhi perasaan atau mood seseorang. Tetapi ternyata juga dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Oleh karena itu, warna banyak digunakan sebagai terapi untuk kesehatan.

Berikut ragam warna dan fungsinya dalam menunjang kesehatan:

  • Warna merah. Warna ini merangsang energi dan vitalitas, serta mempertajam penglihatan, pendengaran, perasaan dan membantu bertahan hidup. Dapat merangsang sirkulasi darah dan produksi andrenalin serta menghangatkan tubuh. Tetapi warna ini harus dikurangi terhadap orang-orang yang emosional, yang terlalu aktif, karena dapat menjadi over aktif.
  • Warna pink. Berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi dan jantung yang berdebar.
  • Warna kuning. Warna kuning merupakan pusat untuk sistem seluruh saraf, sehingga dapat menyegarkan saraf yang lemah, dapat mengontrol proses pencernaan, sembelit dan liver. Itu sebabnya warna kuning dapat meredakan perasaan dari depresi atau stres. Warna kuning juga dapat merangsang selera makan seseorang dan melancarkan peredaran darah, merangsang penglihatan, pendengaran, mendorong kecerdasan, kemampuan mengemukaan alasan serta dapat mengontrol diri sendiri. Selain itu warna kuning dapat menstimulasikan keharmonisan dalam hidup, menjaga keseimbangan dan optimis.
  • Warna biru. Warna biru juga mempunyai manfaat yang sama, yaitu menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkan detak jantung. Warna ini adalah warna penenang, yang dapat menghilangkan hati yang berdebar-debar serta menghilangkan peradangan dan stress. Warna biru juga dapat mengobati insomnia atau sulit tidur.
  • Warna hijau. Berfungsi menenangkan susunan saraf, orang yang sering merasa tegang dapat dibantu dengan warna hijau. Warna hijau dari dedaunan yang banyak mengandung klorofil mempunyai unsur pembersih tubuh, melancarkan darah yang cenderung membeku, serta merangsang kelenjar hormon agar dapat mengendalikan kelenjar-kelenjar lain. Berjalan dengan kaki di tempat yang hijau memberikan aroma sehat bagi tubuh kita termasuk mata. Dengan demikian melihat-lihat tanaman hijau dapat menjaga kesehatan mata Anda sekaligus meningkatkan penglihatan mata.
  • Warna hitam. Warna hitam menunjukkan kesan adanya kedudukan dan kesedihan. Menekan nafsu makan yang ingin menurunkan berat badan dapat mencoba dengan menggunakan kain alas meja berwarna hitam.
  • Warna putih. Putih adalah lambang kesucian dan kebersihan, memberikan efek sejuk pada mata. Dengan ciri-ciri warna putih orang cenderung bersifat lebih idealis dan mempunyai sifat moralitas yang tinggi. Tidak mencerminkan sifat angkuh, senang menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan.
  • Warna jingga. Seperti halnya warna kuning, jingga juga bersifat komunikasi karena membawa keceriaan, kegembiraan, kehangatan, rasa humor dan keakraban di dalam ruangan sehingga baik sekali untuk meningkatkan kreativitas dan semangat di ruang kerja dan bisa meningkatkan konsentrasi di ruang belajar.
  • Warna coklat. Coklat mewakili rasa aman, komitmen, kepercayaan serta bisa memberikan rasa hangat dan nyaman. Warna coklat selain bisa menjadi sumber energi juga bisa membuat kita merasa kuat. Warna coklat juga menimbulkan kesan kepercayaan dan komitmen. Dengan sifatnya yang memberikan rasa aman, jika ruang kerja dibuat dengan sentuhan warna coklat akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang.
  • Warna ungu. Warna ini berpengaruh untuk membuat lebih inspiratif dan memberikan perasaan tenang. Warna ungu juga mampu mengurangi rasa lapar, selain itu bisa mengontrol emosi dan bisa menenangkan suasana hati.


Dengan melihat berbagai warna di alam semesta, sesungguhnya kita telah memberikan terapi warna kepada tubuh kita. Maka betapa murah hatinya Tuhan yang telah memberikan berbagai terapi gratis yang tinggal dimanfaatkan menjaga kesehatan kita.

Jadi, yuk manfaatkan warna-warna tersebut untuk kesehatan kita.

Oleh Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)