Manfaat Toge untuk Kesehatan

26 April 2014 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak kenal jenis kacang-kacangan yang satu ini, disini ada info menarik tentang tauge/toge. Toge adalah makanan jenis sayuran yang biasanya berasal dari biji-bijian seperti kacang hijau, kedelai, dan lain-lain. Toge sendiri bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan sayuran lainnya

Toge, banyak sekali manfaatnya ini selain digunakan sebagai campuran gado-gado, soto, ketoprak dan jenis makanan tradisional yang lain, juga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Khasiat toge untuk kesehatan sangat bagus dalam mencegah maupun mengobati berbagai penyakit. Tak percaya?

Mari kita periksa beberapa manfaat toge untuk kesehatan kita.

Mencegah Kanker
Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pembuangan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam toge akan menghancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu konten lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam toge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum penilaian saponinnya naik 450 persen.

Mencegah Osteoporosis
Estrogen alami yang terdapat dalam toge dapat bekerja sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping.

Meningkatkan Kesuburan
Toge juga dapat meningkatkan kesuburan. Toge memiliki kandungan Vitamin E Alfa yang sangat berperan dalam meningkatkan kesuburan seseorang. Vitamin E dalam toge berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikan bebas. Hal ini secara otomatis akan melindungi sel-sel telur pada wanita maupun sel-sel sperma pada pria dari serangan radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat dari toge. Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)