Manfaat Tersembunyi dari Ceker Ayam bagi Kesehatan

7 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Hampir semua orang pasti sudah mengenal dan tahu yang namanya Ceker atau kaki Ayam. Namun tidak semua orang paham akan manfaat ceker ayam serta tidak semua orang suka mengkonsumsi ceker ayam, dikarenakan ceker ayam sering kali dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Padahal kalau kita mengerti dan paham ternyata kandungan ceker ayam ini sangat bagus dan bermanfaat buat kesehatan tubuh manusia.

Berikut beberapa manfaat dari ceker ayam bagi kesehatan.
1. Kaya Kolagen

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Department of Animal Science of National Chung-Hsing University di Taiwan menunjukkan bahwa ceker ayam mengandung banyak kolagen. Ini berarti bahwa ceker ayam dapat dijadikan sebagai sumber kolagen alternatif selain dari sapi, ikan laut ataupun babi. Oleh karena itu, para ilmuwan tengah melakukan penelitian lain untuk dapat menemukan tehnik terbaik untuk mengekstrak kolagen dari ceker ayam.

Seperti kita ketahui bahwa kolagen memiliki beberapa manfaat, yaitu agar kulit terlihat lebih muda, dapat menguatkan pembuluh darah sehingga peredarannya menjadi lancar, meningkatkan tubuh dalam memetabolisme lemak (berperan dalam penurunan berat badan), serta memperlambat dampak dari arthritis. Suplemen kolagen diketahui memiliki harga yang cukup mahal. Jadi, kenapa harus menghabiskan banyak uang jika Anda bisa mendapatkannya dari sumber yang murah, seperti ceker ayam?

2. Kartilago dalam Ceker berguna untuk Arthritis
Ceker ayam mengandung berbagai macam nutrisi, seperti protein, kalsium, kolagen dan kartilago. Nah, kartilago itulah yang berperan besar dalam pergerakan sendi-sendi di tubuh. Kartilago merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh agar pergerakan sendi menjadi lancar. Oleh karena itu, kartilago berkhasiat dalam meminimalisir rasa sakit akibat arthritis dan sakit sendi. Ceker ayam banyak dikonsumsi oleh para penduduk negeri Cina. Mereka sering menambahkan ceker ayam ke dalam sup yang mereka buat. Tidak hanya menjadi terlihat lebih muda, namun ceker ayam juga berkhasiat dalam memperlancar pergerakan tubuh, jadi tidak heran kalau para ahli bela diri di Cina gemar mengonsumsi ceker ayam.

3. Kalsium
Ceker ayam mengandung kalsium dan beberapa mineral, sehingga penderita rematik dianjurkan rutin makan sup ceker ayam. Kandungan Hydroxyapatite dalam ceker ayam juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk tulang. Oleh karena itu, mengkonsumsi cakar ayam bisa menjaga tulang yang kuat, mencegah osteoporosis, dan menjaga elastisitas kulit.

4. Menjaga imunitas tubuh
Kandungan protein kolagen pada ceker ayam juga sangat baik bagi pertumbuhan anak. Hal ini karena protein kolagen dalam ceker ayam memiliki antigen imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.

Nah sekarang sedikitnya kita sudah tahu beberapa manfaat dan kandungan tersembunyi pada ceker ayam, selain harganya yang lebih murah dibandingkan dengan dagingnya ceker juga tidak kalah gizinya. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)