Manfaat Tersembunyi dari Buah Nanas untuk Kesehatan

8 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Buah nanas merupakan buah yang memiliki komponen untuk dapat menyehatkan tubuh. Nanas ini kaya akan kandungan air didalamnya. Buah yang memiliki aroma khas perpaduan antara manis dan asam ini dapat menyegarkan tubuh. Buah nanas ini selain dapat dikonsumsi secara langsung juga bisa dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu seperti dibuat dalam bentuk jus ataupun juga kripik. Buah nanas ini merupakan buah-buahan tropis yang berasal dari Brasil. Buah nanas ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan untuk berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh. Tentu masih banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh yang terkandung dalam buah manis asam nanas ini.

Berikut beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan:
1. Untuk gusi sehat

Masalah kesehatan mulut paling umum yang diderita manusia adalah kesehatan gusi. Meskipun setiap hari sudah sikat gigi, tanpa memberikan nutrisi cukup pada tubuh bisa memicu timbulnya penyakit gigi maupun gusi. Untuk dapatkan gusi sehat, bebas dari bengkak, bebas dari sakit gigi dan bebas dari sariawan, usahakan untuk konsumsi buah nanas setidaknya satu minggu sekali.

2. Melawan Radikal Bebas
Buah nanas dikatakan sebagai buah yang memiliki antioksidan cukup tinggi sehingga tidak heran jika buah khas satu ini mampu melawan radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh. Selain melawan radikal bebas, buah nanas juga baik untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh, mencegah penyakit aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis bahkan kanker.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang ada pada buah nanas sangat baik meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan gizi pada buah nanas dipercaya mampu menutrisi tubuh dengan baik dan tepat. Buah nanas juga dipercaya sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan.

4. Menguatkan Tulang
Kekurangan zat besi dan kalsium memicu seseorang mengalami penurunan kekuatan tulang. Untuk membuat tulang kembali menjadi sehat dan kuat, Anda perlu untuk konsumsi buah nanas. Beberapa study menyebutkan bahwa minum satu cangkir jus buah nanas dalam satu hari bisa bantu tulang tetap kuat dan sehat.

5. Radang tenggorokan
Biasanya, saat sakit radang tenggorokan, tidak jarang kita menghindari buah nanas karena tidak ingin tenggorokan bertambah gatal. Namun, beberapa penelitian justru menyebutkan bahwa buah nanas adalah obat yang baik bagi penderita radang tenggorokan. Hal ini mengingat nanas mengandung bromelain yang bisa bantu cegah sinusitis.

Selain manfaat di atas, nanas juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, kuku dan rambut. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak suka dengan buah nanas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)