Manfaat Tersembunyi Buah Duku bagi Kesehatan

8 April 2015 Artikel Kesehatan


Duku dikenal sebagai jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan beragam variasi. Banyak yang beranggapan jika buah ini merupakan buah yang memiliki cita rasa yang pahit saat di makan, seandainya biji duku ini tergigit memang akan terasa pahit. Mengingat buah duku tidak berbuah sepanjang tahun, saat musim buah duku usahakan untuk tidak melewatkan buah satu ini. Buah yang memiliki kulit kuning langsat dan daging buah yang mirip dengan kelengkeng ini, telah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Inilah manfaat buah duku bagi kesehatan yang jarang diketahui:
1. Menjaga Kolesterol

Nutrisi dan vitamin yang terkandung pada buah duku sangat dipercaya bisa mengontrol dan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, konsumsi secara teratur buah duku dikatakan bisa bantu Anda mencapai keberhasilan saat menjalankan program diet.

2. Mencegah Anemia
Beberapa study menyebutkan bahwa konsumsi buah duku bisa membantu seseorang terhindar dari anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam buah duku dikatakan bisa meningkatkan sel darah merah dan mengingat oksigen dalam tubuh. Kemampuan inilah yang menjadikan alasan kenapa duku bisa mencegah anemia.

3. Jaga Kesehatan Gusi
Buah duku mengandung banyak vitamin C dan vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gusi. Bukan hanya menjaga kesehatan gusi, buah duku juga dipercaya mampu mengatasi segala macam masalah mulut baik gusi berdarah, sariawan, bau mulut tidak sedap dan masalah lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Fiber atau serat yang terkandung dalam buah duku dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain menyehatkan pencernaan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi buah duku secara teratur bisa cegah sembelit ataupun wasir.

5. Meningkatkan Sistem Imun
Vitamin C sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.

Pastikan Anda untuk menyukai buah satu ini dan rasakan manfaatnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)