Manfaat Terong Pipit untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

1 Februari 2017 Artikel Kesehatan


Terong pipit adalah salah satu jenis terong yang tidak memiliki bentuk lonjong. Terong ini bentuknya bulat dan kecil, berwarna hijau. Jenis terong ini berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Terong pipit bisa dikonsumsi langsung, namun jenis terong yang satu ini lebih nikmat jika dimasak menjadi hidangan pelengkap nasi. Pohon terong pipit mirip semak belukar dengan daun yang hijau dan menggerombol dalam satu buah pohon yang lebat. Terong pipit ukurannya kecil namun manfaatnya tidak bisa diremehkan dan dibandingkan dengan jenis terong lainnya yang berukuran besar. Terong kecil ini mengandung beberapa gizi yang baik untuk tubuh Anda, yaitu riboflavin, vitamin K, nasunin, niacin, tiamin, folat, dan vitamin E. Semakin banyak dan rutin Anda mengonsumsi terong pipit, maka juga semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat serta terbebas dari penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat sehat terong pipit yang perlu diketahui:
1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat terong pipit yang pertama adalah dapat mencegah penyakit jantung. Terong ini memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan jantung dengan mengandalkan beberapa nutrisi yang ada di dalamnya.

2. Mengatasi dehidrasi
Manfaat terong pipit yang tidak kalah pentingnya yaitu mengatasi dehidrasi. Jika Anda sering melakukan kegiatan yang menguras tenaga, tentunya mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti terong ini perlu dilakukan.

3. Menjaga kadar gula tubuh
Terong pipit tidak akan memicu diabetes. Terong yang satu ini justru akan membuat kadar gula dalam darah Anda menjadi seimbang. Keseimbangan tersebut akan membuat tubuh Anda lebih sehat dari sebelumnya.

4. Mengatasi penuaan dini
Penuaan dini dapat dicegah dengan cara yang mudah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi terong pipit. Jika Anda ingin tampil lebih awet muda, Anda perlu rajin mengonsumsi jenis terong yang satu ini.

5. Mencegah penyakit anemia
Jangan biarkan penyakit anemia menyerang Anda. Pencegahan sejak dini tentunya diperlukan demi kesehatan tubuh Anda. Untuk itulah Anda perlu mengonsumsi makanan yang dapat menambah sel darah merah di dalam tubuh seperti terong pipit.

6. Kesehatan otak
Otak Anda dapat dijaga kesehatannya dengan memanfaatkan manfaat terong pipit. Terong ini akan membantu tubuh untuk memberikan asupan gizi yang baik untuk otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan otak Anda.

Itulah manfaat terong pipit untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)