Manfaat Telur bagi Kesehatan

22 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Telur adalah bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain lezat, telur juga banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Telur yang biasa kita konsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, burung puyuh, dan lain - lain. Banyak orang menjadikan telur sebagai menu sarapannya untuk menurunkan berat badan

Putih telur biasanya dianggap kurang penting, jika habis diambil kuningnya. Padahal putih telur juga mengandung nilai nutrisi yang tinggi. Justru putih telur mengandung protein yang tinggi dan tidak mengandung kadar kolesterol. Kolesterol pada telur terdapat pada kuning telurnya.

Selain protein pada putih telur, banyak sekali manfaat telur lainnya bagi kesehatan. Berikut manfaat utama telur:

  • Kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan mengurangi resiko katarak.
  • Putih telur mengandung berbagai mineral penting seperti Kalium, Magnesium, Kalsium, Fosfor, Tembaga, Seng, dan Zat Besi yang bermanfaat untuk membangun tulang yang kuat.
  • Mengonsumsi telur secara rutin dapat mencegah penggumpalan darah, stroke, serangan jantung dan menjaga kekebalan tubuh.
  • Kuning telur mengandung 300 mikrogram kolin yang berguna untuk kesehatan otak dan sistem saraf.
  • Telur dapat mencegah kanker payudara. Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi 6 butir telur seminggu secara rutin dapat mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 44%.
  • Putih telur juga merupakan sumber vitamin seperti folat, B12, niasin betain , dan kolin. Folatdan kolin sangat penting untuk kehamilan dan perkembangan jaringan sel.


Banyak kan manfaat telur bagi kesehatan kita? Untuk itu, rajinlah mengonsumsi telur. Namun, jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan alergi. Putih telur juga mengandung natrium tinggi yang tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)