Manfaat Teh Hijau dan Cara Pemakaiannya untuk Rambut Rontok

3 Desember 2016 Artikel Kesehatan


Teh hijau adalah jenis teh yang dibuat dari tanaman teh Camellia Sinensis yang dipetik menggunakan pemanasan tertentu, hal ini untuk mencegah oksidasi. Nah, untuk mencegah rambut rontok bisa menggunakan teh hijau dengan cara teh hijau dalam satu cangkir air hangat dan dipijatkan pada kulit kepala selama satu jam. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Berikut ini manfaat teh hijau untuk perawatan rambut:
1. Anti DHT

Teh hijau merupakan bahan alami untuk melawan DHT, yaitu semacam testosteron alami yang terdapat pada pria dan juga wanita. Nah, DHT inilah yang menyebabkan kerontokan rambut.

2. Memperlancar sirkulasi darah
Di dalam teh hijau terdapat kandungan senyawa polifenol jenis katekin yang mempunyai fungsi sebagai antibiotik dan sekaligus karsinogenik. Katekin dapat berkontraksi dengan pembuluh darah, bahkan pembuluh darah yang kecil yang ada di dalam folikel rambut menjadi lebih lancar.

3. Merangsang pertumbuhan rambut
Teh hijau mengangung EGCE atau Epugallocatechin-3-gallate sebesar 10%, senyawa ini merupakan jenis antioksidan yang kuat. Senyawa EGCE juga berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut, oleh karena itu perawatan rambut menggunakan teh hijau juga disarankan.

4. Memperkuat akar rambut dan melembabkan rambut
Di dalam teh hijau terkandung berbagai macam nutrisi, seperti vitamin C, vitamin E, provitamin, dan panthenol. Vitamin C sangat berperan untuk melindungi rambut dari sinar UV matahari. Nah, vitamin E dapat mengembalikan kelembaban alami pada rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Selain itu provitamin dan panthenol dapat bekerja menguatkan akar rambut.

5. Membantu menghilangkan prosiasis penyebab kerontokan dan munculnya ketombe
Kandungan senyawa di dalam teh hijau dapat mengurangi iritasi di kulit kepala, sehingga membuat kulit senantiasa sehat dan sekaligus menghilangkan prosiasis yang menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

Cara pemakaiannya: Seduh teh hijau dengan air panas dengan konsentrasi yang lebih kental dari biasanya yang biasa Anda minum. Diamkan seduhan teh hijau ini semalaman dan menjadi basi. Nah, air seduhan ini dapat digunakan setelah Anda menggunakan sampo saat keramas. Oleskan air teh hijau ini di bagian rambut termasuk kulit kepala, pijat dengan lembut secara perlahan-lahan. Cukup Anda diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air yang bersih.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)