Manfaat Si Manis Srikaya untuk Kesehatan

28 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Buah yang memiliki nama ilmiah Annona Squamosa ini memiliki ciri-ciri buah berbentuk bulat dan memiliki sisik atau tonjolan di bagian kulitnya seperti buah sirsak, daging buahnya putih, dan rasanya manis. Buah yang asal nya dari Hindia Barat ini selain rasanya yang manis ternyata juga menyimpan segudang manfaat yang banyak. Di antaranya untuk mengobati penyakit kulit, gangguan dalam pencernaan, dan lain-lain. Buah yang memiliki rasa manis ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh di daerah mana saja seperti tanah berbatu, kering, di pekarangan, dan bahkan tanpa di tanam atau dibiarkan saja tanaman ini juga akan bisa hidup asal terkena sinar matahari yang cukup.

Buah srikaya ini akan mulai berbuah setelah berusia 3-5 tahun dan bisa mencapai ketinggian kurang lebih 8 meter. Bukan hanya pada daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan akan tetapi hampir seluruh bagian tanaman ini bisa dipakai mulai dari daun, buah, biji, akar, hingga kulit kayu nya.

Berikut beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan:
1. Toner Rambut
Rambut merupakan mahkota kepala dan memang sudah seharusnya dirawat kesehatannya. Di sini buah srikaya memiliki peran dalam menjaga kesehatan rambut. Di India, masyarakatnya sering menggunakan srikaya untuk dijadikan toner rambut, dan bijinya dimanfaatkan untuk pembasmi kutu rambut. Caranya adalah dengan menumbuk bijinya, lalu mengoleskannya pada rambut.

2. Selai
Selain dapat dimanfaatkan sebagai penjaga kesehatan tubuh, ternyata buah srikaya juga memiliki manfaat untuk bidang kuliner, yaitu selai. Rasanya yang manis biasanya sering digunakan untuk pembuatan selai

3. Tinggi Vitamin A
Buah srikaya terbukti memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan mata anda. Tidak hanya itu, buah srikaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat menjauhkan tubuh dari radikal bebas dan berbagai penyakit, seperti sariawan, panas dalam, dan lain-lain.

4. Obat Diare
Buah srikaya yang masih muda mengandung tannin yang dapat berfungsi sebagai obat diare.Tak hanya buahnya, daun srikaya ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mengatasi berbagai penyakit. Contohnya, diare, demam, cacingan, abses, luka, bisul dan masih banyak lagi.

5. Mengatasi gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan merupakan penyakit yang menyakitkan sekaligus menyebalkan, maka dari itu ada 1 cara yang disajikan oleh srikaya yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Caranya dengan menumbuk beberapa daun srikaya. Kemudian mencampurkannya dengan minyak kelapa, dan mengoleskannya pada bagian perut.

Srikaya menyimpan sejuta khasiat kesehatan. Buah yang juga disebut sebagai custard apel atau sugar apple oleh pelaut Inggris ini, salah satunya bermanfaat untuk kecantikan. Buah srikaya mengandung antioksidan karena mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh kita. Selain itu kandungan vitamin A pada srikaya dapat manjadikan buah srikaya bermanfaat bagi kecantikan wajah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)