Manfaat Serai yang Baik untuk Tubuh

14 Desember 2017 Artikel Kesehatan


Serai sebenarnya merupakan jenis tanaman yang masuk ke dalam anggota rumput-rumputan. Akan tetapi di Indonesia sendiri banyak dijadikan sebagai bumbu masakan karena serai memiliki aroma yang khas. Tetapi, tahukah anda jika manfaat dari serai bukan sekedar menjadi bumbu saja. Serai yang memiliki nama latin Cymbopogon Ciratus ini memiliki manfaat yang banyak dan baik untuk kesehatan.

Penelitian dari The Science and Technology Department’s Food and Nutrition Research Institute telah menentukan bahwa serai memiliki manfaat antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, selain itu juga sebagai obat efektif untuk infeksi pada mata. Serai juga membantu dalam pemulihan dari pilek dan flu, mengurangi demam, kram, perut kembung dan nyeri rematik serta membantu pencernaan terutama pada anak-anak. Para ahli dalam penelitian tersebut menambahkan bahwa dalam serai juga terdapat kandungan zat anti-mikroba dan anti bakteri yang berguna sebagai obat infeksi pada lambung, usus, dan saluran kemih. Hal lain yang terdapat dalam serai yaitu kandungan anti-piretik yang dimiliki serai bermanfaat dalam menurunkan panas. Selain itu senyawa analgesik yang membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri sendi, dan nyeri otot.

Daun serai mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, dan kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Beberapa khasiat serai untuk kesehatan:
1. Serai mencegah penyakit kanker.
Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

2. Mengobati gangguan pencernaan.
Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan juga diare.

3. Menurunkan tekanan darah.
Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.

4. Detoksifikasi
Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

5. Manfaat pada sistem saraf
Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

6. Berfungsi sebagai analgesik
Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang Anda derita yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lainnya.

7. Kesehatan wanita
Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)