Manfaat Senam Pilates untuk Kesehatan Tubuh

29 September 2016 Artikel Kesehatan


Pilates merupakan olah tubuh yang cukup populer saat ini. Seiring dengan popularitas dari senam pilates ini bermunculan pusat-pusat kebugaran yang menawarkan kelas pilates yang dipandu oleh instruktur yang sangat berpengalaman. Pilates terdiri dari gerakan yang berfungsi untuk mengencangkan tubuh. Yang di dalamnya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti: pengaturan pernafasan, konsentrasi untuk memusatkan perhatian selama melakukan gerakan. Banyak sekali orang yang tertarik melakukan senam pilates khususnya para wanita. Berbagai manfaat diperoleh dengan melakukan latihan senam pilates secara rutin, seperti: dapat mengatur pernapasan, mengencangkan otot, bahkan mengatasi masalah berat badan dan juga masalah kesehatan lainnya.

Berikut beberapa manfaat senam pilates untuk kesehatan:
1. Dapat memperbaiki postur tubuh

Dengan melakukan latihan pilates secara rutin maka ketahanan otot dapat terbentuk dan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Sehingga latihan senam pilates dapat membuat tubuh menjadi lebih seimbang.

2. Menurunkan kelebihan berat badan
Senam pilates merupakan salah satu jenis olahraga low impact. Sehingga cocok untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya karena minim cidera asal didampingin oleh instruktur pilates yang profesional.

3. Menguatkan otot perut
Salah satu bagian tubuh yang terlatih selama mengikuti senam pilates adalah bagian perut, terutama otot perut. Kekuatan otot bagian tengah tubuh akan meningkat seiring dengan terbentuknya keseimbangan dan postur tubuh.Tidak hanya otot perut saja, tetapi punggung dan dasar panggul akan terlatih dengan baik.

4. Meningkatkan kapasitas energi
Dengan mengikuti senam pilates memungkinkan suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh meningkat. Dengan meningkatnya suplai oksigen tentunya energi di dalam tubuh juga dapat meningkat secara signifikan. Dan akhirnya latihan senam pilates dapat membuat tubuh merasa fit, fresh, dan bugar.

5. Meningkatkan kesadaran dan konsentrasi
Melakukan senam pilates tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik saja tetapi sekaligus dapat meningkatkan kesadaran dan konsentrasi. Latihan olah nafas tidak hanya membuat pikiran menjadi rileks tetapi membuat kita lebih fokus dan konsentrasi pada gerakan. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman kita tentang fungsi tubuh dan juga keseimbangan jiwa secara menyeluruh.

Itulah manfaat yang di dapat dari pilates yang baik untuk fisik maupun jiwa, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)