Manfaat Sehat Tepung Tapioka

7 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Tepung tapioka adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tepung tapioka mengandung energi sebesar 362 kilokalori, protein 0,5 gram, karbohidrat 86,9 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 0 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0 miligram. Selain itu di dalam Tepung Tapioka juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Tepung yang terbuat dari singkong ini biasanya digunakan untuk menjadikan adonan menjadi lebih kuat. Tahukah Anda bahwa ternyata tepung tapioka memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh?

Berikut beberapa manfaat sehat dari tepung tapioka:
1. Menguatkan tulang

Tepung tapioka juga tinggi akan kalsium, vitamin K, serta zat besi di dalamnya. Sehingga menjadikannya makanan yang menyehatkan untuk tulang.

2. Meningkatkan energi
Makan tepung tapioka sebagai sarapan sangat baik untuk meningkatkan energi Anda. Sebab kandungan karbohidratnya yang sehat tidak memberatkan kerja tubuh justru semakin meningkatkan energinya.

3. Menaikkan berat badan
Jika Anda ingin menaikkan berat badan dengan cara sehat, cobalah untuk mengganti konsumsi berat badan Anda dengan tapioka. Sebab kandungan karbohidratnya sangatlah sehat.

4. Mengembangkan otot
Selain tinggi karbohidrat, tepung tapioka juga mengandung protein. Sehingga menjadikannya makanan sehat yang penting untuk kesehatan serta perkembangan otot.

5. Mengandung kalium
Tepung tapioka tinggi akan kalium. Kalium memainkan peranan penting untuk mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah. Selain itu kalium juga baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular Anda.

6. Mengatasi sistem pencernaan
Bagi Anda yang sering mengalami gangguan perut kembung, sembelit, serta gangguan pencernaan lainnya sebaiknya konsumsilah tepung tapioka. Makanan yang sederhana ini tidak akan memberatkan kerja pencernaan Anda sehingga perut Anda akan aman dari gangguan.

Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)