Manfaat Sehat Makan Kecambah

2 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Kuliner Indonesia itu paling memanjakan lidah. Selain kaya akan bumbu, juga pernik sayuran yang beragam. Salah satu jenis makanan yang enak dimakan dengan berbagai jenis kuliner adalah kecambah atau taoge.

Taoge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga tiga sentimeter. Bentuk kecambah diperoleh setelah biji diproses selama beberapa hari. Bentuk taoge memang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis sayuran lain, meskipun begitu, tumbuhan ini memiliki kandungan manfaat yang tidak kecil.

Sayuran taoge jenis apapun, baik taoge kacang hijau, taoge kedelai, taoge alfafa, maupun jenis taoge lainnya mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam taoge alfafa.

Nah, ada beberapa manfaat yang menyehatkan kalau Anda rajin makan kecambah. Berikut ini kandungan dan manfaat nya:

Kaya Akan Protein

Bagi anak yang sedang tumbuh atau mereka yang sedang masa penyembuhan, kecambah sangat baik untuk memberikan tameng dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh kita lebih sehat dan kebal terhadap penyakit.

Kaya Akan Enzim

Manfaat kecambah antara lain adalah kaya akan enzim yang diperlukan tubuh. Kandungannya lebih banyak dibandingkan sayur dan buah mentah lainnya. Dengan enzim, tubuh bisa mengekstrak kandungan vitamin, mineral, asam amino dan asam lemak pada makanan yang kita konsumsi.

Kaya Serat

Serat dalam kecambah membantu proses pengeluaran toksin yang tak diperlukan dalam tubuh. Sehingga pencernaan bisa lebih lancar dan berat badan bisa berkurang,

Mencegah Kanker

Makan kecambah bisa membantu kita mencegah tubuh dari resiko kanker. Kecambah mampu menangkal zat aditif dan pestisida yang biasanya tak sengaja kita makan karena makanan kurang bersih saat diolah.

Makan kecambah juga baik untuk memberikan kulit yang cantik dan tubuh yang lebih berstamina. Nah, jangan lupa tambahkan kecambah pada menu makan Anda kali ini.

Oleh: Iman

(Dikutip dari berbagai sumber)