Manfaat Sehat Makan Beralas Daun Pisang

6 April 2015 Artikel Kesehatan


Di Indonesia, sajian makanan di atas atau berbalut daun pisang bukanlah hal yang aneh. Untuk beberapa momen, daun pisang sering dijadikan alas untuk menyantap makanan bersama rekan dengan dasar kebersamaan. Sementara di negara bagian selatan India, makanan beralas daun pisang merupakan cara tradisional untuk melayani tamu. Semua orang duduk bersama di lantai dan makan menggunakan tangan tanpa sendok. Cara tradisional ini rupanya bukan hanya sekedar praktis, tapi juga kaya manfaat.

Berikut beberapa manfaat makan dengan menggunakan alas daun pisang:
1. Higienis

Daun pisang hanya perlu dibersihkan dengan lap kain bersih basah untuk bisa digunakan. Jika Anda ragu dengan kebersihan suatu tempat makan, lebih baik Anda memilih makan dengan beralaskan daun pisang karena lebih bersih dari piring biasa. Ini karena daun pisang memiliki sifat antibakteri yang mencegah terjadinya penyakit.

2. Ramah lingkungan
Daun pisang juga sangat praktis dan ramah lingkungan. Ini merupakan kelebihan utama makan dengan daun pisang. Anda tidak perlu mencuci piring dan langsung membuang daun pisang setelah makan. Daun akan kering dan menyatu sendiri dengan alam, tidak berisiko merusak lingkungan.

3. Menambah nikmat makanan
Daun pisang memiliki lapisan lilin alami yang tidak berbahaya untuk tubuh. Justru lapisan lilin tersebut akan menambah nikmat rasa makanan dan meningkatkan nafsu makan untuk Anda yang susah makan. Makanan panas atau hangat akan melelehkan lilin dan bercampur dengan makanan.

4. Sehat
Daun pisang mengandung senyawa nabati bernama polifenol epigallocatechin gallate, seperti yang ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol ini merupakan antioksidan kuat alami yang menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit. Makanan yang ditaruh di atas daun pisang akan menyerap polifenol dari daun sehingga Anda bisa menyerap nutrisi tersembunyi dari daun pisang tersebut. Bahkan daun pisang juga diklaim memiliki sifat antibakteri yang mencegah timbulnya penyakit atau gangguan pencernaan.

5. Bebas bahan kimia
Daripada tempat makan plastik, styrofoam, dan kertas minyak, daun pisang lebih natural dan bebas risiko keracunan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Daun pisang tidak berisiko meningkatkan serangan kanker karena pengaruh bahan kimia sebagai wadah makanan.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan daun pisang sebagai alas makan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)