Manfaat Sehat Lobak Putih

26 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Lobak adalah salah satu jenis umbi-umbian yang masuk dalam famili Cruciferae, tanaman ini memiliki nama latin Raphanus sativus L. Bagi Anda yang suka makan sayur, Anda pasti tidak asing dengan sayur berwarna putih bernama lobak. Meski mungkin tidak sepopuler sayur kangkung atau bayam, namun lobak juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa diragukan. Ada banyak manfaat lobak putih untuk tubuh, beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan ginjal dan sistem pembuangan urin, membantu menyembuhkan dari gigitan serangga, mengontrol tekanan darah dan melancarkan pencernaan.

Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih
Sayur yang memiliki tekstur crunchy atau renyah ini juga terkenal baik membantu membersihkan sistem pembuangan air seni. Sifat diuretik seperti ini akan mencegah timbulnya batu ginjal atau pengkristalan air seni di dalam saluran pembuangan, mencegah segala jenis infeksi dan mengeluarkan racun berlebih di aliran darah.

Detoksifikasi
Lobak putih merupakan sayur umbi-umbian yang memiliki banyak air dan sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan air dalam lobak membantu meluruhkan racun dan zat sisa di dalam tubuh terutama di dalam perut dan hati, sekaligus juga membantu membuang racun di dalam pembuluh darah.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Selain baik untuk pencernaan, mengonsumsi lobak juga sangat disarankan karena bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah karena lobak memiliki, serta kandungan kalium yang membantu fungsi otot dan saraf.

Menjaga tekanan darah
Lobak putih kaya akan potasium, sekaligus serat dan menjaga kadar kolesterol dalam darah. Hal ini sangat baik juga dalam menjaga tekanan darah agar tidak melonjak. Bahkan lobak mentah bisa dibuat ekstrak atau dioles begitu saja ke bagian kulit yang digigit serangga karena memiliki sifat anti-radang yang membantu menghilangkan nyeri dan bengkak.

Jadi, meskipun memang tidak begitu populer, namun jangan ragu untuk mengkonsumsinya. Makanan sehat ini bisa dikonsumsi dalam bentuk masakan atau dibuat jus. Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)