Manfaat Sehat Kulit Semangka yang Harus Diketahui

5 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak kenal dengan buah semangka? Buah semangka atau watermelon yang memiliki bahasa latin citrullus lanatus adalah buah dari tumbuhan merambat yang berasal dari Afrika Selatan. Buah semangka sangat mudah ditemui baik di pasar tradisional ataupun supermarket di Indonesia. Harganya juga cukup terjangkau. Buah yang memiliki rasa manis dan mempunyai kandungan air yang banyak ini sangat nikmat bila dimakan saat cuaca panas dan saat kehausan. Daging buah semangka berwarna merah pada umumnya, meskipun saat ini sudah ada daging buah semangka yang berwarna kuning pula. Biji buah ini kecil-kecil dan banyak dan tersembunyi di celah-celah daging buahnya.

Anda penyuka buah semangka? Anda sudah tahu buah ini mengandung banyak vitamin yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi selain daging buahnya, kulit semangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Maka itu, sehabis makan semangka jangan buang kulitnya. Karena ternyata kulit buah semangka yang biasanya dibuang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Berikut manfaat kulit semangka bagi kesehatan:
1. Mengurangi Penyakit Jantung

Kulit semangka baik untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung dan darah tinggi karena kulit semangka mengandung kalium. Kalium inilah yang dapat membantu melancarkan peredaran darah menuju jantung dan pembuluh darah baik arteri ataupun vena.

2. Mengobati Diabetes
Kencing manis atau diabetes adalah penyakit kelebihan kadar gula. Ternyata, kulit semangka juga dapat membantu mengobati penyakit ini. Caranya adalah dengan merebus potongan kulit semangka dan jambu biji yang masih mengkal, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas. Lalu minum setelah dingin.

3. Mengatasi Berbagai Penyakit
Kulit buah semangka dapat menjadi obat beberapa penyakit seperti sulit buang air besar dan kecil, dropsy, radang ginjal, mencegah vasodilatasi, mengeluarkan cacing di usus, mengahalau infeksi di kandung kemih, mencegah anemia, dan penyakit-penyakit lainnya.

4. Membantu Proses Detoksifikasi
Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas mengeluarkan racun. Bila ginjal bermasalah apalagi sampai terkena gagal ginjal, pastinya akan sangat berbahaya dan memerlukan biaya yang besar untuk pengobatannya. Kulit semangka mengandungsenyawa asam amino sutrulin dan arginin. Senyawa-senyawa tersebut dapat mendorong proses pembentukan urea pada organ hati. Efeknya sistem eksresi di ginjal akan lebih lancar. Jadi mengkonsumsi kulit semangka baik untuk membantu proses detoksifikasi di ginjal sehingga ginjal dapat bekerja dengan baik.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan kalium dalam kulit semangka mampu membantu menstabilkan tekanan darah tinggi. Anda dapat membuat ramuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan kulit semangka dengan cara menghaluskan kulit semangka yang putih hingga kulit paling luar dengan blender. Jus atau ramuan kulit semangka ini dapat diminum sehari sekali. Anda dapat menyaring airnya terlebih dahulu atau lebih baik tidak disaring dan dibiarkan dengan ampasnya juga. Karena ampasnya mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Wah, ternyata kulit semangka ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Jadi, mulai sekarang jangan membuang kulit semangka, tetapi bisa dimakan bersama daging merahnya (dengan cara mengupas tipis kulitnya).

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)