Manfaat Sehat Dibalik Mengkonsumsi Mentimun

10 Desember 2016 Artikel Kesehatan


Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer. Mentimun sering digunakan di banyak hidangan sehat, seperti halnya: lalapan, salad, rujak, acar, dan lain-lain. Mentimun rasanya menyegarkan karena mengandung banyak air. Tahukah Anda bahwa mentimun juga menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan? Di dalam mentimun terkandung sejumlah nutrisi penting, seperti: magnesium, vitamin C, tinggi kalium, karbohidrat, seng, folat, vitamin K, asam pantotenat, fosfor. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut beberapa alasan mengapa kita harus mengkonsumsi mentimun:
1. Menurunkan berat badan

Mentimun termasuk sayuran yang rendah kalori tetapi kaya akan air, yaitu hampir 95 persen, bahkan mentimun juga kaya serat. Sehingga menjadikan mentimun sebagai camilan yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan. Mengkonsumsi mentimun 3 buah setiap hari bisa menjaga tubuh tetap sehat dan dapat mencegah dehidrasi.

2. Mengurangi Selulit
Bukan menjadi rahasia umum lagi jika selulit sering muncul setelah melahirkan, yang disebabkan karena kelebihan berat badan atau penumpukan banyak lemak di beberapa daerah tubuh, seperti perut, lengan, dan paha. Sedangkan kabar baiknya adalah mentimun dapat membantu Anda untuk menyingkirkan selulit yang sering mengganggu penampilan. Mentimun dapat menyingkirkan penumpukan cairan yang berlebihan di dalam tubuh dan sekaligus membuat kolagen di kulit menjadi lebih padat. Metode yang paling efektif untuk menghilangkan selulit menggunakan mentimun adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau dengan menempelkan pada kulit.

3. Mengurangi stres
Sayuran ini tidak hanya rendah kalori dan banyak mengandung nutrisi, tetapi dapat digunakan untuk meredakan stres dan sekaligus memberikan efek menenangkan. Caranya, cukup ambil satu buah mentimun yang segar, lalu iris-iris tipis, kemudian Anda tempatkan ke dalam wadah yang berisi air mendidih. Bagaimana hal ini dapat memberikan efek menenangkan? Ternyata senyawa kimia di dalam mentimun akan bereaksi terhadap air panas, sehingga dapat melepaskan uap yang dapat memberikan aroma yang menyenangkan.

4. Membuat kulit menjadi sehat
Mentimun merupakan salah satu sayuran yang mengandung caffeic acid dan ascorbic acid dapat berkhasiat untuk mencegah penumpukan cairan di dalam kulit. Mungkin Anda pernah mendengar khasiat mentimun untuk mengurangi bengkak di area bawah mata dan sekaligus mengurangi peradangan pada kulit. Sehingga kulit tampak lebih sehat, segar, kenyal, dan lebih muda.

Masih banyak lagi manfaat sehat dibalik kita mengkonsumsi mentimun, untuk itu mari kita berbagai melalui kolom komentar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)