Manfaat Sehat Dibalik Mencuci Tangan

20 Maret 2016 Artikel Kesehatan


Mencuci tangan adalah salah satu langkah-langkah penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Tanpa kita sadari, bakteri dalam objek yang kita sentuh setiap hari seperti keyboard, remote, gagang pintu dan lainnya. Oleh karena itu harus mengajari sejak dini kepada anak-anak tentang pentingnya mencuci tangan, sehingga anak-anak bisa menjaga kebersihan. Tentu saja, ini sangat membantu untuk mengurangi atau mencegah penularan virus ataupun bakteri yang menempel pada tubuh melalui tangan yang kotor. Mencuci tangan merupakan suatu kegiatan yang dianggap sebagian besar orang adalah suatu pekerjaan yang sepele, sehingga terkadang kegiatan itu seringkali diabaikan. Kegiatan mencuci tangan adalah suatu kegiatan yang ringan dilakukan, akan tapi memiliki efek dan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

Berikut manfaat sehat dari pentingnya mencuci tangan:
1. Cuci tangan mengurangi resiko diare dan sakit perut
Mencuci tangan akan mengurangi resiko diare dan gangguan infeksi usus secara signifikan, khususnya pada anak-anak. Sakit diare adalah penyebab tertinggi kematian pada anak berusia di bawah 5 tahun di seluruh dunia. Mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah penyakit ini, termasuk mencegah cacingan.

2. Cuci tangan mencegah infeksi mata
Penyebaran bakteri yang dapat menginfeksi mata, seperti trachoma, dapat ditanggulangi dengan mencuci tangan secara rutin. Cuci tangan pun efektif untuk sakit mata (mata merah). Kondisi-kondisi tersebut dapat meyebabkan mata iritasi, perih, gatal, dan berair. Infeksi tersebut dapat menyebar melalui banyak cara, namun yang paling umum adalah melalui virus. Cegah berbagai infeksi pada mata dengan mencuci tangan dengan sabun, khususnya jika Anda adalah pengguna lensa kontak.

3. Cuci tangan dapat mencegah infeksi saluran pernapasan
Patogen yang menjadi penyebab utama ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) sangat umum dijumpai pada jari dan telapak tangan. Anda bisa menurunkan resiko terkena infeksi penapasan ini dengan rajin mencuci tangan.

4. Cuci tangan dapat mencegah berbagai penyakit
Tangan yang tidak bersih dapat menjadi jalan masuknya penyakit ke dalam tubuh. Mencuci tangan dengan benar dapat melindungi diri dari beberapa penyakit menular seperti pilek, flu, diare, hingga hepatitis A, dan meningitis.

Tanpa disadari, benda-benda yang kita sentuh setiap hari bisa menjadi tempat bersarangnya kuman. Kuman pada tangan memang tidak terlihat secara kasat mata. Jangan mencuci tangan dengan sekedarnya, biasakan mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun. Jadi, mulai sekarang rajin-rajinlah mencuci tangan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)