Manfaat Sehat Dibalik Memiliki Akuarium di Rumah

10 Desember 2018 Artikel Kesehatan


Rumah menjadi tempat yang paling nyaman bagi setiap penghuninya, namun meski begitu rumah tentu saja wajib untuk dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Selain kebersihan menambah beberapa perabot rumah yang tidak hanya mempercantik dan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mungkin menjadi pilihan yang pas. Seperti memelihara ikan di akuarium di dalam rumah. Mungkin sangat terdengar aneh jika menyebut akuarium bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan penghuni rumah. Namun, hasil penelitian terbaru mengungkap jika ternyata memiliki akuarium unik di dalam rumah bisa memberikan manfaat yang menyehatkan bagi para penghuni rumah. Apa saja manfaat akuarium di dalam rumah?

Berikut beberapa manfaat sehat yang bisa Anda ambil dari memiliki akuarium di dalam rumah:
1. Mengurangi stres

Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa melihat ikan di dalam akuarium mampu memberikan efek positif dalam mengurangi stres. Kecemasan fisiologis dan emosional akan berkurang dan pikiran Anda jadi lebih santai.

2. Terapi untuk penderita autis
Anak-anak autis rentan untuk terkena ledakan emosional. Namun dengan melihat akuarium, maka ledakan ini akan berkurang dan stimulasi akan akuarium cenderung lebih menenangkan mereka.

3. Terapi untuk anak hiperaktif
Selain digunakan sebagai terapi untuk penderita autis, anak-anak hiperaktif atau dengan gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) ternyata juga bisa ditenangkan menggunakan terapi ini. Saraf mereka jadi lebih tenang serta membantu dalam meningkatkan konsentrasi lebih baik.

4. Terapi untuk pasien Alzheimer
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien Alzheimer ditemukan bahwa para pasien yang melihat warna-warni ikan di akuarium menunjukkan perbaikan perilaku yang signifikan. Tingkat keagresifan berkurang dan tidak terlalu merepotkan.

5. Menyehatkan jantung
Tahukah Anda bahwa terapi akuarium bisa bermanfaat untuk memperkuat jantung Anda? Melihat akuarium bisa membuat tekanan darah menjadi normal, otot jantung menjadi lemas, serta suasana hati jadi meningkat. Sehingga tekanan jantung akan berkurang dan jantung Anda jadi kuat.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki akuarium di dalam rumah. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)