Manfaat Sehat Dibalik Manisnya Srikaya

25 November 2014 Artikel Kesehatan


Sebagai negara tropis, Indonesia kaya akan berbagai macam jenis buah tropis. Bahkan banyak dari jenis buah ini yang tidak dapat ditemui negara lain. Salah satunya adalah buah srikaya. Srikaya merupakan buah khas negara tropis yang bisa dengan mudah Anda temukan di Indonesia. Selain rasanya yang legit dan menyegarkan, srikaya ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan karena srikaya kaya akan zat anti-oksidan seperti vitamin C. Keberadaan nutrisi ini membantu menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, besi, niasin, dan potasium merupakan unsur yang penting untuk membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Berikut manfaat menyehatkan dari buah srikaya:
1. Menjaga tekanan darah

Srikaya yang mengandung potasium dan magnesium ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah Anda agar tetap normal.

2. Menurunkan kolesterol
Srikaya mengandung niasin dan serat makanan. Kedua nutrisi ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Menyehatkan mata
Srikaya mengandung riboflavin dan vitamin C yang baik untuk kesehatan mata. zat ini juga mampu memerangi radikal bebas yang mampu merusak kesehatan penglihatan Anda.

4. Menambah berat badan
Bagi Anda yang sedang ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat, konsumsilah srikaya secara rutin. Sebab buah ini membantu dalam meningkatkan kalori dalam tubuh. Anda bisa membuat minuman yang terbuat dari campuran srikaya, madu, dan susu.

5. Menyembuhkan asma
Srikaya tinggi akan vitamin B6 di dalamnya. Vitamin ini membantu untuk mengurangi peradangan paru-paru dan menyembuhkan asma.

6. Menyehatkan jantung
Kandungan magnesium di dalam srikaya baik untuk kesehatan jantung sebab mampu mencegah jantung dari serangan penyakit jantung.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Srikaya kaya akan tembaga dan serat. Kedua nutrisi sehat ini baik untuk memudahkan buang air besar dan menyehatkan pencernaan.

8. Baik untuk penderita diabetes
Tingginya kandungan serat di dalam srikaya mampu membantu memperlambat penyerapan gula. Sehingga buah ini baik untuk penderita diabetes dan mengurangi risiko penyakit diabetes.

9. Mencegah kanker
Zat acetogenin di dalam srikaya membantu untuk mencegah kanker khususnya kanker kulit.

Itulah manfaat srikaya untuk kesehatan tubuh. Tertarik mencoba srikaya sebagai menu pencuci mulut Anda?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)