Manfaat Sehat Dibalik Jalan Mundur

15 Agustus 2017 Artikel Kesehatan


Olahraga jalan kaki disebut-sebut tidak hanya akan menyehatkan badan, tetapi juga meningkatkan daya ingat. Tetapi bila Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, mungkin Anda perlu mencoba berjalan mundur. Orang mungkin akan berpikir aneh, lucu dan lain sebagainya ketika Anda mencoba berjalan mundur. Tapi ternyata, berjalan mundur punya banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Berjalan mundur ternyata bisa memberi pengaruh baik meningkatkan kesehatan jantung. Berjalan sendiri sudah jadi aktivitas baik untuk jantung, namun ketika Anda mencoba berjalan mundur, bukan hanya jantung saja yang jauh dari penyakit, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga ikut meningkat.

Berjalan mundur sudah dilakukan sejak lama oleh orang China sebagai pengobatan alternatif tradisional meredakan nyeri sendi, kram otot dan lutut yang pegal. Bahkan seorang peneliti kesehatan dari Jepang Junji Takano berkata bahwa jalan mundur bisa meningkatkan kesehatan paru-paru, otot, tubuh bagian atas dan bawah dengan baik.

Karena manusia tidak punya mata di bagian belakang, Takano menjelaskan bahwa intuisi manusia akan bekerja lebih aktif menjaga diri sendiri, berhati-hati melakukan sesuatu, menajamkan indera pendengaran sekaligus melatih kepercayaan diri sendiri. Yang lebih mengejutkan, ternyata 100 langkah berjalan mundur ternyata sepadan dengan 1000 langkah berjalan maju dalam hal meningkatkan kesehatan.

Saat berlatih berjalan mundur, Anda juga menggunakan otot kaki yang jarang digunakan saat berjalan maju. Berjalan mundur juga seringkali dijadikan terapi untuk beberapa kondisi kesehatan.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba jalan mundur?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)