Manfaat Sehat dari Kayu Manis yang Jarang Diketahui

12 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Kayu manis merupakan sebuah kayu yang memiliki aroma harum yang sedap. Dimana, kayu manis ini merupakan salah satu dari anggota rempah-rempah, yang banyak dimiliki Indonesia sejak dahulu. Selama ini, kayu manis di kenal sebagai salah satu bahan makanan atau di jadikan bumbu yang di campurkan kedalam beberapa masakan, kue, atau bahkan minuman. Bukan hanya di gunakan sebagai penambah rasa serta memiliki aroma yang harum, namun ternyata kayu manis juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kayu manis yang sangat mengejutkan untuk kesehatan:
1. Menghangatkan

Umumnya, kayu manis ini di gunakan pada proses pengobatan tradisional China, terutama di lakukan pada orang yang menderita demam atau influenza. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki kandungan zat yang bisa membantu tubuh menjadi lebih hangat juga nyaman.

2. Mengontrol gula darah
Kayu manis juga memiliki kandungan antioksidan yang mana bisa membantu tubuh Anda dalam mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis ini juga di yakini mampu membantu proses pencernaan setelah makan juga mampu membantu memperbaiki respon insulin pada pasien yang menderita diabetes tips-2.

3. Menurunkan kolesterol
Kayu manis juga memiliki kandungan serat, kalsium, serta mineral dalam jumlah yang banyak seperti mangan. Maka dari itu, kayu manis ini juga sangat cocok di konsumsi guna mengatasi kesehatan pencernaan, usus, bahkan bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung. Bukan hanya itu, kayu manis ini juga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, kandungan kalsium juga serat yang ada dalam kayu manis mampu membantu Anda menghilangkan garam yang ada pada tubuh serta mencegah terjadinya kanker usus.

4. Anti bakteri
Minyak alami yang terbuat dari kayu manis juga mampu mencegah terjadinya pertumbuhan jamur serta bakteri yang ada di dalam tubuh. Dikarenakan adanya anti bakteri serta mikroba inilah, maka peneliti juga menjelaskan bahwa kayu manis ini juga bermanfaat sebagai pengawet makanan tradisional yang alami.

5. Meningkatkan fungsi otak
Ketika Anda mencium aroma dari kayu manis, maka bisa meningkatkan aktivitas kinerja otak. Bahkan, kayu manis ini juga dipercaya mampu meningkatkan proses kognitif seseorang serta mampu membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, serta membantu kecepatan Anda bekerja pada program komputer.

Maka dari itu, Anda jangan lagi menyepelekan kandungan kayu manis yang ada pada minuman atau bahkan makanan yang Anda konsumsi, karena jelas kayu manis ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)