Manfaat Sehat dari Kacang Pistachio yang Perlu Diketahui

12 Oktober 2017 Artikel Kesehatan


Kacang polong, kacang mente, kacang tanah, dan kacang kedelai mungkin sudah sering Anda dengar dan lihat wujudnya. Namun bagaimana dengan kacang pistachio? Kacang pistachio sendiri adalah tanaman yang hanya bisa dibudidayakan di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan Barat. Kacang ini memiliki warna hijau yang cantik sehingga sering dijadikan sebagai hiasan makanan, snack, sebagai isi untuk pie, atau dijadikan topping untuk es krim dan cake. Selain rasa dan manfaatnya yang banyak, kacang ini juga mengandung banyak nutrisi, protein dan pottasium sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kacang pistachio bagi kesehatan:
1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi pistachio juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mata, karena pistachio banyak mengandung vitamin A yang merupakan nutrisi penting bagi mata.

2. Menjaga Kesehatan Otak
Vitamin B6 yang terdapat dalam pistachio juga membantu meningkatkan angka hemoglobin darah. Darah yang kaya oksigen ini akan dialirkan ke otak sehingga membuat kerja otak lebih aktif.

3. Mengurangi kolesterol
Ini mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Dengan demikian, mencegah risiko serangan jantung dan stroke. Pistachio menghapus deposisi plak dari pembuluh darah Anda dan membuat mereka fleksibel sehingga. mengurangi tekanan darah tinggi juga.

4. Awet muda
Pistachio menunda penuaan dan membuat Anda awet muda. Antioksidan hadir dalam pistachio mencegah dan menunda penuaan dengan menghapus radikal bebas dari tubuh.

5. Sumber Energi
Semua jenis kacang merupakan sumber energi yang baik untuk Anda, begitu pula dengan kacang pistachio. Kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya untuk menetralisir radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab lemahnya sel-sel dalam tubuh kita dan pada akhirnya akan membuat organ tubuh dan jaringan dalam tubuh ikut melemah. Selain itu, antioksidan dalam kacang ini juga dapat menghentikan reaksi berantai selular sehingga akan membuat tubuh kita terhindar dari rasa lelah.

6. Mencegah diabetes
Pistachio kaya fosfor yang membantu untuk memecah protein menjadi asam amino. Asam amino ini sangat dibutuhkan untuk produksi insulin dan dengan demikian, mencegah diabetes.

7. Meningkatkan sirkulasi darah
Kacang pistachio meningkatkan sirkulasi darah dan dengan demikian, membantu dalam distribusi yang tepat oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini untuk mencegah kerusakan organ karena semua nutrisi diangkut ke sel-sel tubuh. Pistachio juga meningkatkan jumlah darah.

Nah, itulah manfaat kesehatan dari kacang pistachio. Jadi, jika Anda mencari camilan, kacang ini adalah pilihan yang tepat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)