Manfaat Sehat dari Kacang Mete

4 Desember 2015 Artikel Kesehatan


Selain kacang tanah, keberadaan kacang mete juga termasuk populer di Indonesia. Biasanya kacang mete diolah hanya dengan digoreng atau dicampur ke dalam olahan cokelat yang menjadi camilan. Semua orang pasti setuju bahwa kacang mete sangatlah gurih dan lezat. Sehingga tidak jarang kacang mete juga biasanya diolah ke dalam masakan. Ternyata tidak hanya gurih, kacang mete juga bermanfaat tinggi untuk kesehatan.

Inilah beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari kacang mete:
1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari makan kacang mete adalah mampu mencegah kanker. Sebab Kacang mede mengandung proanthocyanidins yang merupakan salah satu jenis flanovol. Zat tersebut diketahui bisa melawan sel tumor dan mencegah kanker menyebar ke seluruh tubuh. Selain itu, kacang mede juga mengandung tembaga yang cukup tinggi. Zat tembaga diketahui bisa mencegah kanker, terutama kanker usus.

2. Menyehatkan Jantung
Tidak seperti jenis kacang lainnya, kacang mede memiliki banyak kandungan lemak dan mengandung antioksidan serta kolesterol baik. Kacang ini akan membantu jantung tetap sehat dan mencegah berbagai macan penyakit jantung.

3. Menyehatkan Rambut
Tidak banyak yang tahu bahwa makan kacang mete secara rutin bisa mempercantik rambut. Hal ini disebabkan karena kacang mete tinggi akan zat tembaga yang dapat mempertahankan warna alami rambut dan mencegah timbulnya uban secara prematur.

4. Menyehatkan Saraf
Kesehatan saraf sangat penting agar tubuh kita tetap bugar dan berfungsi dengan baik. Ketika tubuh kekurangan magnesium, kalsium akan mulai masuk ke sel saraf dan menyebabkan banyak kontraksi. Karena itu, mengonsumsi kacang mede yang kaya magnesium juga membantu menyehatkan saraf, otot, dan mencegah penyakit seperti migrain, tegangan otot, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

5. Mencegah Batu Ginjal
Orang yang mengonsumsi kacang mede secara teratur memiliki risiko terkena batu ginjal yang lebih rendah. Ini terutama penting bagi wanita yang lebih berisiko terkena batu ginjal.

6. Menguatkan Tulang
Kacang mede kaya akan magnesium yang sama seperti kalsium bisa membantu perkembangan tulang pada tubuh. Selain itu, kacang mede juga membantu menguatkan dan menyehatkan gusi dan gigi.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan makan kacang mede. Yang paling baik adalah mengonsumsinya di pagi hari, karena kacang mede akan memberikan energi untuk memulai kegiatan sepanjang hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)