Manfaat Sehat dari Daun Salam yang Jarang Diketahui

3 Agustus 2017 Artikel Kesehatan


Daun salam adalah merupakan tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah maupun kebun. Kegunaannya sudah dikenal dari zaman dulu yaitu sebagai bumbu masakan khas indonesia. Dari sisi kesehatan, ia juga berguna untuk mengobati beberapa penyakit, anti jamur, anti inflamasi, selain itu kaya antioksidan dan flavonoid. Daun salam juga memiliki zat bermanfaat seperti mineral, potasium, kalsium, mangan, selenium, zat besi, dan tembaga. Namun apa saja manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh daun salam?

1. Menyembuhkan Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi
Daun salam ternyata mengandung zat tanin dan flavonoida yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya yaitu dengan merebus daun salam dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tersisa 1 gelas. Minumlah secara teratur tiap pagi hari.

2. Menghentikan Diare
Caranya: Siapkan segenggam daun salam, kemudian rebuslah dengan 3 gelas air biarkan sampai setengahnya. Biarkan sampai dingin kemudian diminum sehari 2x.

3. Mengobati Kencing Manis
Caranya: Rebuslah daun salam dengan 4 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 1/2 gelas. Minumlah setiap hari sebelum makan secara rutin.

4. Memutihkan dan Membersihkan Gigi
Daun salam juga bisa digunakan sebagai pasta gigi secara alami. Caranya: Siapkan daun salam dan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Ke-2 bahan tersebut ditumbuk halus dan tambahkan air hingga berbentuk pasta. Pakailah sebagai pasta gigi.

5. Menurunkan Kolesterol dan Diabetes
Caranya: Rebuslah 15 lembar daun salam yang masih segar dengan 500 cc air putih dan biarkan sampai setengahnya. Minumlah sekaligus setiap malam hari sebelum tidur secara teratur.

6. Menyembuhkan Asam Urat
Vitamin B kompleks dan vitamin C yang terkandung dalam daun salam mampu mengobati asam urat. Caranya: Daun salam yang sudah kering direbus dengan 1 liter air dan biarkan sampai tersisa 700 cc. Minumlah secara teratur tiap pagi dan sore hari setiap hari.

7. Menyembuhkan Radang Lambung
Caranya: Daun salam sebanyak 15 lembar, 10 lembar sambiloto kering, dan gula batu secukupnya. Kemudian semua bahan tadi direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari.

Kebanyakan orang hanya fokus menggunakan manfaat daun salam untuk masakan saja, tentu ini tidak salah. Tapi apabila dengan sedikit pengetahuan dan pemahaman, daun salam bisa jadi obat tradisional yang efektif menggantikan ketergantungan terhadap obat-obatan kimiawi. Bagaimana, Anda mau mencoba?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)