Manfaat Sehat dari Buah Belimbing

5 Desember 2018 Artikel Kesehatan


Buah belimbing (Averrhoacarambola) sangatbaik dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan, sebab mengandung kalori yang rendah. Tidak hanya itu, serat yang tinggi di dalam buah bersegi lima ini juga mempunyai efek baik untuk pencernaan. Ia mencegah sembelit dan melunturkan lemak dalam tubuh. Cita rasa buah berwarna kuning bila matang ini juga manis dan segar. Tidak heran jika belimbing seringdiolah menjadi sirup, rujak, atau jus. Belimbing pun dapat memberikan manfaat lebih untuk kesehatan manusia.

Berikut ini manfaat yang diberikan belimbing untuk kesehatan:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam belimbing berfungsi membantu tubuh melawan kuman penyebab penyakit dan infeksi umum. Vitamin C juga termasuk antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas bersama dengan antioksidan dan flavonoid lain seperti quercetin, epikatekin, dan asam galat. Total kandungan polifenol ini mencapai 143 mg/100.

2. Menurunkan risiko kanker usus besar
Belimbing kaya akan serat yang membantu melindungi membran mukosa pada usus besar dari paparan substansi beracun. Serat ini akan mengikat senyawa kimia penyebab kanker dan mengeluarkannya dari tubuh. Belimbing juga memiliki zat tembaga yang menambah kelembaban feses dan memperlancar pengeluarannya.

3. Meredakan peradangan
Polifenol pada belimbing juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan. Belimbing sendiri sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati demam, batuk, bisul perut, dan sariawan. Belimbing juga digunakan di beberapa negara untuk mengobati peradangan pada kulit akibat terbakar sinar matahari serta meredakan rasa mual.

4. Membantu mengontrol tekanan darah
Kandungan mineral esensial belimbing memang termasuk rendah. Namun, belimbing mengandung tembaga yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Belimbing juga memiliki potasium yang penting sebagai komponen sel dan cairan tubuh. Potasium berfungsi mengontrol detak jantung dan tekanan darah agar tetap normal, serta mencegah pengaruh buruk sodium.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh
Vitamin-vitamin B kompleks yang ada di dalam belimbing seperti folat, riboflavin, dan piridoksin bermanfaat sebagai kofaktor enzim dalam metabolisme serta berbagai fungsi sintesis tubuh lainnya. Belimbing pun memiliki kalori yang cenderung lebih rendah dibanding buah-buahan tropis lain sehingga cocok dijadikan teman diet.

Namun untuk Anda yang mempunyai tekanan darah rendah, mengonsumsi belimbing tidak dianjurkan berlebihan. Belimbing jugaberfungsi menurunkan tekanan darah, sehingga akan menyebabkan Anda mudah pusing dan lelah akibat darah rendah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)