Manfaat Sehat dari Buah Ara

3 November 2010 Artikel Kesehatan


Buah ara dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi karena buah ini mengandung kalium, mineral yang dapat mengontrol hipertensi. Beberapa orang kekurangan kalium karena mereka menghindari makan buah-buahan dan sayur-sayuran dan mengkonsumsi lebih banyak natrium, bahan yang terutama digunakan pada makanan kemasan.

Mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit kalium dan lebih banyak natrium cenderung akan menderita hipertensi.

Buah ara dapat membantu orang menurunkan berat badan. Sebagai sumber yang hebat dari serat, buah ara dapat bekerja secara ajaib bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Buah ara dengan kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengontrol berat badan.

Buah ara baik untuk wanita pasca-menopause dan bagi mereka yang menderita kanker payudara. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah kaya serat secara teratur akan mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Buah ara baik bagi mereka yang menderita diabetes. Dalam beberapa budaya, daun pohon ara dimakan karena bersifat anti-diabetes. Hal ini diyakini bahwa sifat-sifat dalam daun ara mengurangi kebutuhan suntikan insulin.

Buah ara meningkatkan kepadatan tulang. Buah ara kaya akan kalsium, mineral yang bermanfaat bagi kepadatan tulang. Kalium dalam buah ara juga melawan hilangnya kalsium melalui urin sehingga mencegah kandungan tulang untuk menipis.

Buah ara baik untuk kesehatan jantung. Daun pohon ara dikatakan dapat menurunkan tingkat trigliserida, yang merupakan bentuk lemak yang ditemukan dalam aliran darah.

Buah ara juga merupakan sumber yang baik dari mangan. Sangat bergizi, buah ara kaya benzaldehida, senyawa anti-kanker, beta-karoten, kalium dan besi. Buah ara juga mengandung flavonoid dan ficin, enzim yang baik untuk pencernaan. Buah ara juga kaya akan serat yang dapat larut maupun yang tidak dapat larut.

Buah ara baik untuk mencegah sembelit, anemia dan kanker pencernaan.

Sumber: jawaban.com