Manfaat Sehat dari Biji Labu yang Wajib Diketahui

19 Agustus 2017 Artikel Kesehatan


Labu adalah salah satu jenis buah yang banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Namun, buah labu ini seringkali hanya diolah sebagai makanan saja. Misalnya, untuk dikukus atau dibuat bahan kolak. Padahal labu juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Selain itu, labu juga mengandung banyak zat-zat bermanfaat. Seperti omega 3, mineral, dan serat. Dan itu semua tidak hanya terkandung pada buahnya saja, tetapi juga terkandung pada bijinya. Biji labu ini juga mengandung 3 zat bermanfaat tadi. Jadi, tidak mengherankan jika biji labu sering diolah menjadi cemilan kwaci.

Berikut ini beberapa manfaat biji labu:
1. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Biji labu rupanya memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E ini tentunya memiliki berbagai khasiat yang berguna untuk kesehatan Anda. Salah satunya ialah dapat membuat kesehatan kulit anda tetap terjaga. Dengan rutin mengkonsumsi biji labu, kulit anda akan selalu terlihat bersih, kencang dan terlihat lebih muda.

2. Mengontrol Gula Darah
Biji labu membantu meningkatkan regulasi insulin dan mencegah komplikasi diabetes dengan mengurangi stres oksidatif. Selain itu, senyawa fitokimia dalam biji labu mencegah nefropati diabetik (penyakit ginjal diabetik). Jika Anda mengidap diabetes, gunakan biji labu sebagai pilihan cemilan sehat Anda.

3. Meredakan Radang Sendi
Biji labu memiliki efek anti-inflamasi yang sangat membantu dalam mengobati arthritis, terutama osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Untuk mengurangi peradangan akibat arthritis, pijat daerah yang terinduksi arthritis dengan minyak biji labu dua kali sehari selama 10 menit.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Biji labu mengandung magnesium, yang membantu menjaga fungsi jantung. Selain itu, mineral dalam biji labu membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan memainkan peran penting dalam mencegah serangan jantung.

5. Menurunkan Kolesterol
Mengonsumsi secara teratur biji labu dapat membantu menurunkan tingkat lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol) dalam tubuh. Pitosterol dalam biji labu membantu menurunkan kolesterol, dan dapat membantu mencegah pembekuan darah. Makan 2 sampai 4 sendok makan biji labu panggang setiap hari untuk membantu menurunkan LDL Anda. Pastikan untuk makan biji tanpa menambahkan garam.

Nah, demikian manfaat yang bisa Anda peroleh dari biji labu. Mulai sekarang tidak perlu ragu untuk mengolah dan mengkonsumsi cemilan sehat ini. Selain rasanya yang enak, banyak manfaat yang akan Anda rasakan apabila dikonsumsi secara rutin.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)