Manfaat Sehat Buah Pepaya yang Perlu Diketahui

9 Mei 2017 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak kenal dengan buah papaya? Buah papaya adalah salah satu buah yang rasanya manis dan tentunya banyak digemari orang. Buah ini sangat enak di konsumsi ketika cuaca dalam keadaan panas, seketika badan Anda pun akan terasa segar ketika mengkonsumsi buah ini meski cuaca panas. Buah pepaya juga mudah sekali ditemukan. Apabila Anda ingin membeli buah papaya, Anda tinggal ke pasar dan bahkan ada juga di jual di pinggir pinggir jalan. Selain nikmat dikonsumsi ternyata dengan mengkonsumsi buah pepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Inilah beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan:
1. Untuk Kesehatan Mata
Pepaya memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A berperan untuk menjaga kesehatan mata. Selain bagus untuk kesehatan mata, vitamin A juga dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Untuk Sistem Imun Tubuh
Selain Kandungan vitamin A, Buah pepaya juga mengandung Vitamin C, dan kaya akan serat. Ketiganya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi buah pepaya daya tahan tubuh Anda semakin baik dan Anda tidak akan mudah sakit. Buah pepaya juga terdapat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

3. Melancarkan Pencernaan
Sudah tidak asing lagi, bahkan dari orang-rang zaman dulu sudah banyak mengetahui manfaat pepaya untuk melancarkan pencernaan. Nah bagi Anda yang mengalami masalah sembelit, susah buang air besar, mengkonsumsi buah pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan.

4. Melancarkan Siklus Menstruasi
Bagi perempuan yang mengalami masalah dengan sikluas menstruasi yang tidak teratur, bisa mengkonsumsi jus pepaya untuk membuat siklus tersebut menjadi teratur. Selain itu, enzim dan nutrisi penting lainnya yang terdapat di dalam buah pepaya juga mampu menurunkan resiko terkena kanker servik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)