Manfaat Penting Sarapan Pagi untuk Anak

23 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Sarapan adalah salah satu hal penting yang harus dibiasakan kepada anak. Karena sarapan memiliki manfaat dan peranan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Apalagi kalau putra dan putri kita sudah memasuki dunia sekolah. Masih banyak diantara para orang tua yang suka membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Apalagi kalau teman sebayanya lebih cerdas dan lebih pandai bila dibandingkan dengan buah hati kita. Ada yang beralasan mungkin tempat sekolahnya yang bonafit ataupun karena diberikan les belajar privat ataupun karena keturunan orang tuanya yang pandai dan pintar.

Tak salah memang pendapat di atas,tapi yang perlu diketahui oleh para orang tua bahwa perbedaan perkembangan anak ini bisa disebabkan kebiasaan di rumah. Kadang kebiasaan yang sederhana namun memiliki manfaat besar banyak disepelekan oleh para orang tua. Salah satunya yaitu sarapan pagi. Perlu diketahui bahwa sarapan pagi yang dilakukan sebelum jam 9 pagi akan mampu memenuhi kebutuhan gizi anak 15 hingga 30 persen. Karena pentingnya pemenuhan gizi ini maka sarapan pagi tak boleh disepelekan untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan sang buah hati.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan pentingnya sarapan pagi untuk anak:
1.Menguatkan tubuh
Anak-anak yang jarang sarapan pagi akan sangat rentan mengalami fisik lemah terutama bagi yang sudah bersekolah. Tidak melakukan sarapan pagi bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan daya konsentrasi menjadi menurun dikarenakan kosongnya perut. Efek lain yang bisa timbul yaitu berat badan yang tidak ideal dan cenderung tubuh menjadi kurus.

2.Sarapan pagi mampu meningkatkan daya konsentrasi
Karena energi yang dibutuhkan sudah tercukupi melalui sarapan pagi maka akan membuat daya konsentrasi menjadi lebih kuat. Daya konsentrasi yang baik akan membuat hasil pembelajaran menjadi optimal dan maksimal.

3.Menjaga kesehatan
Sarapan pagi yang bergizi akan mampu menjaga kekebalan tubuh tetap kuat sehingga tidak akan mudah terserang penyakit. Lemahnya imunitas tubuh bisa saja disebabkan karena pemenuhan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik terutama ketika pagi hari.

4.Budaya hidup sehat
Dengan membiasakan sarapan pagi akan dapat melatih budaya hidup sehat terutama untuk si kecil. Kebiasaan baik ini diharapkan akan terus berkelanjutan hingga si kecil berusia dewasa dan akhirnya berkeluarga. Dengan kebiasaan sehat ini tentunya akan meminimalkan si kecil untuk jajan sembarangan dikarenakan perut sudah merasa kenyang.

Mengingat manfaat sarapan pagi yang luar biasa, hendaknya para orang tua menjadikan sarapan pagi sebagai kebiasaan di dalam keluarga. Generasi yang hebat dan kuat terlahir dari kebiasaan-kebiasaan yang sehat meskipun kebiasaan tersebut hanyalah sederhana. Mari biasakan sarapan pagi untuk keluarga kita.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)