Manfaat Pare untuk Menurunkan Berat Badan dan Diet

16 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Pare merupakan jenis sayuran yang biarpun rasanya pahit tetapi disukai banyak orang karena manfaatnya yang banyak bagi kesehatan. Ternyata manfaat pare tidak hanya untuk kesehatan tetapi untuk menurunkan berat badan dan juga diet. Pare adalah salah satu jenis tanaman merambat yang bentuk buahnya menyerupai mentimun. Pare ini memiliki permukaan kulit yang keriput dan rasa yang khas, yaitu pahit. Pare yang tumbuh subur di Indonesia ini terdapat 3 jenis, diantaranya yaitu: pare hijau, pare gajih, dan pare ular. Banyak cara untuk mengolah pare ini, mulai dari di tumis, di oseng-oseng, sampai yang paling sering kita temui dan kita cicipi adalah dalam bentuk siomay yang diisikan di dalam pare.

Berikut manfaat pare untuk menurunkan berat badan dan juga diet:
1. Melancarkan pencernaan

Di balik rasanya yang pahit, ternyata pare juga menyimpan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan pencernaan. Pare ini dapat merangsang enzim yang ada di perut yang berfungsi untuk menjaga gerakan usus sampai makanan dapat dikeluarkan. Dengan mengkonsumsi pare sangat bagus untuk mengatasi masalah pecernaan.

2. Melancarkan metabolisme tubuh
Pare dapat berguna untuk memperlancar metabolisme tubuh, sehingga proses penurunan berat badan dapat berlangsung dengan cepat.

3. Mencegah dehidrasi
Karena memiliki kandungan air yang tinggi, maka buah pare ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat mencegah untuk mengkonsumsi makanan yang lain selama menjalankan program diet. Kadar air inilah yang dapat menstabilkan kadar insulin dan senantiasa memberikan rasa kenyang. Sekaligus mencegah dehidrasi selama menjalani diet.

4. Menurunkan berat badan
Pare juga mengandung serat yang tinggi sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, mengatakan bahwa pare merupakan jenis sayuran yang rendah kalori. Di dalam satu cangkir pare, terkandung 90% air, 2,6 gram serat, dan mengandung 16 kalori.

Mempunyai tubuh sehat dan berat badan ideal adalah dambaan semua orang, baik pria atau pun wanita. Nah, salah satu cara paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan bahan alami yang berada di sekitar Anda seperti pare. Untuk lebih efektif dapat Anda konsumsi dalam bentuk jus pare bersama dengan buah yang lain untuk mengurangi rasa pahit.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)