Manfaat Nangka, Cegah Kanker Hingga Ampuh untuk Stamina

31 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Nangka mempunyai nama latin Artocarpus Heterophyllus dan termasuk dalam famili Moraceae. Dalam bahasa Inggris buah nangka dikenal dengan sebutan Jackfruit. Nangka masih bersaudara dengan cempedak dan sukun. Buah nangka memiliki sifat manis dan tekstur yang agak kenyal. Sangat berbeda dengan durian walaupun buahnya hampir mirip, sama-sama memiliki kulit luar berduri. Namun duri kulit nangka tidak setajam duri kulit buah durian.

Nangka dipanen buahnya, daging buah yang matang biasanya dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, minuman (jus), diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: keripik nangka, dan lain-lain. Sedangkan buah nangka muda sangat digemari sebagai bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, dikenal masakan gulai cubadak (gulai nangka). Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg.

Beberapa manfaat nangka untuk kesehatan tubuh manusia:
1. Untuk mencegah kanker

Selain mengandung vitamin C (antioksidan kuat), nangka juga kaya fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang dapat melawan kanker. Fitonutrien ini juga membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh penyebab kanker dan memperlambat degenerasi sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

2. Membantu pencernaan tubuh
Nangka memiliki sifat anti ulkus yang dapat membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah nangka pun dapat mencegah sembelit dan membantu pergerakan usus halus. Serat juga memberikan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar dengan cara mengusir bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

3. Memperkuat tulang
Buah nangka memiliki kandungan magnesium, nutrisi yang sangat penting dalam penyerapan kalsium. Hal ini dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah gangguan tulang lainnya seperti osteopororsis.

4. Untuk kesehatan mata dan kulit
Kandung vitamin A adalam nangka, merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Hal ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata lainnya seperti degnerasi makula dan juga rabun senja.

5. Menurunkan tekanan darah
Ini karena buah nangka mengandung kalium yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

6. Untuk meningkatkan energi
Kandungan gula sederhana sepeti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka, memberikan dorongan energi ketika sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak sekali manfaat dari buah nangka bagi kesehatan tubuh kita. Namun, jangan makan berlebihan, sebab apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. Selain itu nangka juga sangat berguna untuk kekebalan tubuh dari virus-virus yang berbahaya, oleh karena itu jangan ragu untuk rutin mengkonsumsinya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)